Ilustrasi menyimpan ponsel di saku celana. [vietbao.vn]

KabarMakassar.com– Jangan membiasakan menyimpan ponsel di dalam saku celana. Hal ini akan berakibat fatal pada kesehatan khususnya di area selangkangan baik perempuan maupun laki laki.

Dikutip dari faktakah.com, tiga bahaya jika menaruh ponsel atau gadget di saku celana antara lain.

Mengganggu sistem pencernaan
Menyimpan ponsel di saku celana akan menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Berdasarkan riset yang dilakukan di negara Eropa menunjukkan orang yang menyimpan ponsel di saku celana mempunyai tingkat absorpsi nutrisi oleh sistem pencernaan lebih rendah dibandingkan orang yang menyimpan ponsel di tempat lain. Hal ini disebabkan efek radiasi sinyal elektromaknetik yang berlebihan dari ponsel yang dapat mempersempit saluran pencernaan, sehingga asupan nutrisi sedikit.

Baca Juga:  Agenda Pemkot Makassar Awal Ramadhan 2017

Selain itu, radiasi pada ponsel akan mempengaruhi kinerja sistem pencernaan yang terletak dengan organ reproduksi contohnya usus halus, usus besar, dan lambung.

Mengganggu ritme tubuh
Bagian tubuh yang terkena efek radiasi dari ponsel akan menganggu rime tubuh yang berkaitan dengan waktu istirahat tubuh, daya ingat pada orak besar, dan kinerja tubuh lainnya. Tanpa disadari, radiasi ponsel di dalam saku celana akan menghambat peredaran darah yang mengakat asupan oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh.

Radiasi sinyal elektromagnetik dari ponsel yang dirasakan saat menyimpan ponsel di saku celana, khususnya pada saat ponsel berdering, dapat menghambat aktivitas sel saraf sensorik dan motorik. Hal ini disebabkan asupan oksigen ke dalam sel yang berjalan lambat dan akan berakibat pada menurunnya nilai tidur yang dimiliki dan kecepatan daya berpikir.

Baca Juga:  Catatan Tomi Lebang: Romo Greg

Mengurangi Tingkat Kesuburan
Suatu riset ilmiah yang dilakukan Universitas di Amerika, menunjukkan bahwa pada pria yang menyimpan ponsel di saku celana mengalami resiko penurunan nilai sperma yang cenderung lebih besar dibandingkan pria yang menyimpan ponsel di tempat lain.

Tidak hanya pria, wanita yang mempunyai kebiasaan seperti ini juga beresiko terkena kemandulan hingga 30 persen.

Kebiasaan menyimpan ponsel haruslah dihindari sedini mungkin untuk menghindari resiko terkena penyakit di bagian tubuh tertentu. Upayakan menaruh ponsel di tas atau tempat yang dapat dijangkau seperti tas.

Sumber : faktakah.com
Editor : Marwah

LEAVE A REPLY