kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Prabowo Tunjuk Andi Amran Sulaiman Kembali Jadi Menteri Pertanian

Prabowo Tunjuk Andi Amran Sulaiman Kembali Jadi Menteri Pertanian
Andi Amran Sulaiman (Foto : INT).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Presiden RI Prabowo Subianto resmi menunjuk Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan) dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Prabowo seusai jamuan makan malam bersama calon menteri dan wakil menteri di Istana Negara, Jakarta, pada Minggu malam (20/10).

“Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, Menteri Pertanian,” ujar Prabowo saat membacakan daftar menteri Kabinet Merah Putih.

Pemprov Sulsel

Andi Amran Sulaiman, kelahiran Bone, Sulawesi Selatan pada 27 April 1968, memiliki rekam jejak panjang di sektor pertanian. Sebelumnya, Amran menjabat sebagai Menteri Pertanian pada periode pertama pemerintahan Joko Widodo (2014-2019), di mana ia sukses menjalankan program swasembada pangan dan beras. Keberhasilannya tersebut menjadikannya salah satu tokoh utama dalam sektor pertanian Indonesia.

Lulusan Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin ini dikenal sebagai inovator dengan lima paten di bidang pertanian, serta sebagai peneliti dan akademisi.

Selain itu, ia pernah menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2007 dan Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden Joko Widodo pada 2020.

Pada periode keduanya sebagai Menteri Pertanian, Amran berkomitmen untuk meningkatkan alokasi pupuk bersubsidi hingga 9,55 juta ton pada tahun 2024, dan mendorong modernisasi pertanian melalui mekanisasi dan teknologi.

PDAM Makassar