kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Bawaslu Perpanjang Pendaftaran PTPS Pilkada 2024 di Maros

4.869 Pelamar Lolos Seleksi Calon Anggota KPPS di Pilkada Jeneponto
Ilustrasi Pilkada (Dok : KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Maros memperpanjang pembukaan pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Perpanjangan ini dikarenakan masih belum memenuhi dua kali kebutuhan seleksi PTPS.

Ketua Bawaslu Maros, Sufirman mengatakan hal ini sesuai dengan Keputusan Ketua Badan Pengawasan Pemilihan Umum Nomor : 301/HK.01.01/K1/09/2024 tentang Petunjuk Teknis Pembentukan dan Pergantian Antar Waktu Pengawas Tempat Pemungutan Suara dalam Pemilihan 2024.

Pemprov Sulsel

“Sesuai juknis, dilakukan perpanjangan pendaftaran karena masih ada TPS yang belum ada pendaftarnya juga TPS sudah ada pendaftar tetapi baru satu orang atau belum cukup dua kali kebutuhan dan pendaftar sudah memenuhi dua kali kebutuhan namun belum ada pendaftar perempuan,” kata Sufirman di Kantor Bawaslu Maros, Senin (30/09).

Berdasarkan hasil rekapitulasi penerimaan berkas pendaftar PTPS untuk Pemilihan Serentak Tahun 2024, yang dibuka dari tanggal 12 hingga tanggal 28 September 2024, pukul 23.59 WITA, masih belum memenuhi dua kali kebutuhan seleksi PTPS, sehingga perlu dilakukan perpanjangan pendaftaran.

Lebih lanjut, Sufirman menjelaskan bahwa dalam pendaftaran, tidak terdapat calon anggota Pengawas TPS yang memenuhi persyaratan usia paling rendah 21 tahun, pada saat penutupan di pendaftaran gelombang 1.

Oleh karena itu, panitia rekrutmen dengan persetujuan Bawaslu Kabupaten/Kota, dapat membuka pendaftaran untuk calon anggota PTPS dengan usia paling rendah 17 tahun, pada saat Perpanjangan masa pendaftaran atau pendaftaran gelombang II.

“Artinya untuk masa perpanjangan, kami membuka pendaftaran dengan usia paling rendah 17 Tahun. Hal ini untuk membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk bergabung menjadi pengawas pemilu dengan mengutamakan pendaftar dari basis TPS masing-masing,” terangnya.

Hingga berakhirnya masa pendaftaran PTPS tahap pertama pada 28 September pukul 23.59 WITa, jumlah pendaftar pengawas TPS di Kabupaten Maros mencapai 867 orang, yang terdiri dari laki-laki sebanyak 341 dan perempuan 526 pendaftar. Dengan jumlah kebutuhan 604 PTPS.

“Kendati jumlah pendaftar sudah melebihi jumlah kebutuhan, namun berdasarkan ketentuan seleksi akan dibuka perpanjangan pendaftaran di beberapa titik yang akan diumumkan oleh Panwascam di wilayah masing-masing,” tutup Sufirman.

Pengumuman perpanjangan dan penerimaan berkas pendaftaran Pengawas TPS ini akan dimulai dari tanggal 29 September sampai dengan 10 Oktober 2024 di sekretariat Panwascam, dan untuk informasi lebih lengkap dapat diakses masyarakat melalui media sosial Panwaslu Kecamatan masing-masing.

PDAM Makassar