kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Deretan Wisata di Sulsel yang Wajib Dikunjungi saat Libur Akhir Pekan

Deretan Wisata di Sulsel yang Wajib Dikunjungi saat Libur Akhir Pekan
Pegunungan Kars Rammang-Rammang (Dok: Int).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Sulawesi Selatan (Sulsel) saat ini memiliki banyak destinasi wisata yang memukau. Mulai dari pulau, gunung, kars sampai pantai.

Di tahun 2024 ini, wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara sudah melirik Sulsel sebagai tempat favorit untuk berwisata.

Pemprov Sulsel

Ada banyak yang bisa dikunjungi ketika sudah berada di Sulsel. Biasanya butuh waktu seminggu atau lebih untuk bisa menikmati pesona wisata di provinsi ini.

Namun, bagi mereka yang tidak punya banyak waktu, bisa mencoba beberapa wisata lain yang tidak jauh dari ibukota Sulsel, yakni Makassar.

Berikut rangkuman beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat libur akhir pekan yang diambil dari beberapa sumber:

1. Pantai Losari, Kota Makassar

Tentu saja yang pertama ada Pantai Losari. Hampa rasanya jika ke Makassar tidak mengunjungi salah satu ikon kota Anging Mammiri ini. Pantai Losari bisa dijadikan untuk tempat bersantai sambil menikmati matahari terbenam.

Di Pantai Losari kamu juga bisa memancing, naik banana boats dan sepeda air. Selain itu, kalian dapat melakukan jogging di pagi hari pada track yang ada setelah menikmati sunrise.

2. Benteng Fort Rotterdam, Kota Makassar

Jika mau wisata sejarah, Benteng Fort Rotterdam adalah tempatnya. Benteng Fort Rotterdam yang berada di Makassar ini dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’ Kallonna.

Benteng ini awalnya berfungsi sebagai markas pasukan katak Kerajaan Gowa-Tallo. Kini benteng ini telah menjadi destinasi wisata dengan museum sejarah di dalamnya.

3. Pegunungan Karst Rammang-Rammang, Kabupaten Maros

Pegunungan Karst Rammang Rammang di Kabupaten Maros adalah salah satu wisata yang paling hits dan tidak boleh dilewatkan. Lokasinya tidak jauh dari Kota Makassar, tepatnya berada sekitar 40 km atau bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi selama 1,5 jam.

Karst Rammang-Rammang merupakan pegunungan kapur terluas kedua di dunia setelah Batu Tsingy di Madagaskar. Saat ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai Global Geopark. Dengan suguhan pemandangan yang menawan, kamu bisa mengambil banyak foto menarik untuk diunggah di media sosial.

4. Taman Prasejarah Leang-leang, Kabupaten Maros

Destinasi wisata berikutnya adalah Taman Prasejarah Leang-Leang, Maros. Sesuai dengan namanya, di sini kamu bisa melihat hasil karya manusia pasa zaman purba, seperti hasil gambar tangan dan rusa yang ada pada dinding goa.

Tempat ini bisa menjadi rekomendasi destinasi wisata edukasi yang cocok untuk keluarga. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan artistik, gua, dan bebatuan raksasa yang bisa menjadi latar belakang foto menarik.

5. Taman Nasional Bantimurung, Maros

Kabupaten Maros memang menjadi salah satunya surga destinasi wisata. Selain Rammang-Rammang dan Leang-leang, Taman Nasional Bantimurung juga ada disini.

Taman Nasional ini terdapat beberapa objek wisata yang sangat menarik seperti karst, pemandian alam, pengawasan satwa, serta gua. Paling menarik di sini adalh surganya kupu-kupu atau The Kingdom of Butterfly dengan otal terdapat sekitar 250 spesies.

6. Malino, Kabupaten Gowa

Gowa memiliki satu wilayah dataran tinggi yang mirip dengan Puncak di Bogor. Namanya Malino, sebuah daerah yang sejuk yang dikelilingi beberapa air terjun dan pohon pinus.

Setiap tahunnya, Malino juga digelar sebuah event bernama Beautiful Malino yang menyajikan berbagai hiburan seperti penampilan band ternama di Indonesia, seperti Judika dan Govinda.

7. Pulau Lanjukang, Kota Makassar

Makassar juga memiliki beberapa pulau yang indah dan eksotik, salah satunya adalah Pulau Lanjukang. Pulau ini berada di wilayah paling luar Kota Makassar, hampir berbatasan dengan Kabupaten Pangkejene dan Kepulauan atau Pangkep.

Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan indah dengan hamparan air laut biru yang jernih. Jika ingin berlibur di pulau ini, kamu perlu menyiapkan bekal makanan dan minuman karena hanya orang yang berjualan di pulau ini.

8. Pantai Apparalang Bira, Kabupaten Bulukumba

Pantai Apparalang merupakan objek wisata di kawasan Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba. Destinasi wisata ini memiliki tebing karang yang sangat unik.

Banyak orang yang mengatakan pantai ini mirip dengan Raja Ampat Papua. Bagi kamu yang ingin menikmati pantai ini bisa menaiki menara biru yang menjulang tinggi. Dari puncak menara kamu dapat melihat keindahan air laut yang biru dan karang yang berada di antara air laut dan bebatuan. Pantai ini berada di balik tebing bebatuan yang menjulang tinggi.

Demikian beberapa destinasi wisata yang bisa didatangi hanya dengan waktu yang singkat atau saat libur akhir pekan. Jadi jangan sampai lewat momen liburan bersama teman atau keluarga kalian.

PDAM Makassar