kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Ladang Amal Ibadah, Berikut Dzikir yang Bisa Dibaca Setiap Saat

Jadwal Shalat Makassar Hari Ini!
Ilustrasi shalat (Dok: KabarMakassar)
banner 468x60

KabarMakassar.com — Salah satu cara untuk meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT adalah membaca dzikir. Bacaan dzikir menjadi ladang amal ibadah bagi umat Islam agar senantiasa mendekatkan diri pada Allah SWT. Anda juga dapat mengamalkan bacaan tersebut setiap saat, setiap waktu dalam kondisi apa pun.

Berdasarkan Buku Saku Tuntunan Doa dan Dzikir oleh Rahmadi Wibowo dan Qaem Aulassyahied, dzikir adalah mengingat atau menyebut nama Allah SWT, baik dalam hati maupun melalui lisan untuk menghadirkan Allah SWT dalam kesadaran seorang hamba yang disusul dengan perbuatan ketaatan. Bacalah dzikir pendek sehari-hari, baik setelah shalat, sebelum tidur, atau disetiap aktivitas lainnya.

Pemprov Sulsel

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa dzikir yang bisa diamalkan setiap saat bagi umat muslim untuk mendatangkan pahala dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

1. Dzikir yang paling dicintai Allah SWT

Dari Samurah bin Jundub, dia berkata bahwa Rasulullah SAW, bersabda:

“Ada empat ucapan yang paling disukai oleh Allah: Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallah, dan Allahu Akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai.” (HR. Muslim no. 2137)

Bacaan tersebut adalah bacaan tasbih, bacaan tahmid, tahlih, serta takbir yang merupakan dzikir paling dahsyat agar hati menjadi tenang.

Cara membacanya ialah dengan melafalkan keempat bacaan sebanyak berikut.

“Subhanallah (سبحان الله) (33 kali), Alhamdulillah (الحمد لله) (33 kali), Laa ilaaha illallah (لآإِلَهَ إِلاَّ الله) (33 kali), dan Allahu Akbar (الله أكبر) (33 kali).”

2. Dzikir agar hati tenang

Bacaan dzikir supaya hati tenang:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْر

“Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir.” (100 kali)

Artinya:

“Tidak ada Tuhan selain Allah. Tiada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya lah kekuasaan dan milik-Nya lah segala pujian. Dia yang menghidupkan dan yang mematikan. Atasnya kebaikan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

3. Dzikir menenangkan hati

Mengamalkan bacaan dzikir pendek ini dapat mengangkat keresahan hati serta menenangkan hati.

Bacalah dzikir untuk menenangkan hati berikut ini:

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

“Hasbunallah wani’mal wakil ni’mal maula wani’man nasir.”

Artinya:

“Cukuplah Allah sebagai pelindung kami, Dia sebaik-baik wakil yang kami dambakan, dan Dia sebaik-baik penolong yang kami harapkan.”

4. Dzikir sehari-hari

Lafalkanlah dzikir harian ini 100 kali untuk meminta ampun pada Allah SWT.

Berikut bacaan dzikir sehari hari:

أَسْتَغْفِرُ الله وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

“Astaghfirullah wa atuubu ilaih.”

Artinya:

“Aku memohon ampun kepada Allah dan bertobat kepada-Nya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Dzikir pembuka rezeki

لَا إِلهَ إِلَّا اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ الْمُبِينُ

“La Ilaha Illallahul Malikul Haqqul Mubin.”

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan Yang Maha Benar dan Nyata”.

Keutamaan dzikir ini diriwayatkan dari Imam Malik, perawi Abu Nu’aim meriwayatkan dari Sahabat Ali RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَالَ لَا إِلهَ إِلَّا اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ الْمُبِينُ فِي كُلِّ يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ كَانَ لَهُ أَمَانًا مِنَ الْفَقْرِ، وَيُؤْمَنُ مِنْ وَحْشَةِ الْقَبْرِ، وَاسْتُجْلِبَ بِهِ الْغِنَى، وَاسْتُقْرِعَ بِهِ بَابُ الْجَنَّةِ

Artinya: “Barangsiapa membaca ‘Laa ilaha illallahul malikul haqqul mubin’ seratus kali dalam sehari, maka memperoleh jaminan aman dari kemiskinan, diselamatkan dari dahsyatnya kubur, dan terbuka untuknya pintu-pintu surga.” (HR. Abu Nu’aim dan Ad-Dailami).

Dzikir atau mengingat dan menyebut nama Allah SWT memiliki berbagai manfaat bagi umat muslim, baik dari segi spiritual maupun psikologis. Berikut adalah beberapa manfaat berdzikir:

1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Dzikir adalah cara untuk meningkatkan hubungan dan kedekatan dengan Allah SWT. Dengan sering berdzikir, seorang muslim mengingat dan merasakan kehadiran Allah SWT dalam hidupnya.

2. Menenangkan hati dan pikiran

Dzikir dapat memberikan ketenangan dan kedamaian batin. Aktivitas ini membantu mengurangi stres dan kecemasan, serta memberikan rasa tenang dalam menghadapi berbagai tantangan hidup.

3. Meningkatkan kesadaran spiritual

Berdzikir membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang ajaran agama, serta memperkuat iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

4. Mendapatkan pahala dan keberkahan

Dzikir merupakan amal ibadah yang mendapat pahala dari Allah SWT. Ini juga dapat mendatangkan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Menjaga kesehatan mental

Dengan dzikir, seseorang dapat merasa lebih fokus dan positif, serta mengatasi perasaan negatif atau ketidakpastian yang mungkin mengganggu kesehatan mental.

6. Meningkatkan Kesabaran

Dzikir dapat membantu seseorang untuk lebih sabar dan tawakkal dalam menghadapi cobaan atau kesulitan.

7. Memberi Kekuatan Spiritual

Dengan mengingat Allah SWT, seseorang mendapatkan kekuatan dan dorongan untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik dan penuh keyakinan.

Secara keseluruhan, dzikir adalah praktik yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesejahteraan fisik, mental, dan spiritual.

PDAM Makassar
Penulis: Nofisari RahayuningtyasEditor: Gusti Ridani