kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Jokowi Lantik Supratman Sebagai Menkumham, Ini Harapan KNPI Makassar

Jokowi Lantik Supratman Sebagai Menkumham, Ini Harapan KNPI Makassar
Menkumham, Supratman Andi Atgas (Dok : Ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Presiden Joko Widodo resmi melantik Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) menggantikan Yasonna H. Laoly di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/08). Pelantikan Supratman dilakukan bersamaan dengan pelantikan dua menteri dan satu wakil menteri lainnya.

Pelantikan Supratman Andi Atgas disambut positif oleh Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Makassar, Hasrul Kaharuddin. Hasrul memberi selamat kepada Supratman yang merupakan seniornya di Fakultas Hukum UMI Makassar.

Pemprov Sulsel

“Alhamdulillah selamat buat kakanda Supratman atas pelantikannya sebagai Menkumham. Ini tentu suatu kebanggaan tersendiri bagi alumni UMI Makassar terkhusus Fakultas Hukum,” ungkap Arul sapaannya, Selasa (20/08).

“Saya yakin dalam dua bulan terakhir beliau bisa bekerja maksimal membantu pemerintahan bapak Jokowi-Ma’ruf Amin,” tambahnya. Arul pun berharap sosok Supratman bisa menjadi inspirasi bagi semua alumni UMI serta fakultas Hukum.

“Tentu ini bisa jadi penyemangat, inspirasi kita ke depan bahwa perjuangan dan kerja keras bisa menjadikan kita lebih baik,” tandasnya.

Supratman Andi Agtas merupakan putra kelahiran Tajuncu, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan pada 28 September 1969. Ia tercatat sebagai lulusan Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Supratman Andi Agtas menempuh pendidikan di UMI Makassar pada tahun 1988 sampai 1992. Setelah lulus dari UMI, Andi Agtas melanjutkan pendidikan magister atau S2 di Fakultas Hukum Unhas.

Selesai di Unhas, Agtas menjadi meniti karir sebagai advokat. Melansir laman Parlementaria, Supratman Andi Agtas aktif sebagai advokat sejak tahun 1996 sampai 1998. Setelahnya, ia merambah dunia wirausaha.

Supratman Andi Agtas diangkat menjadi Menkumham dengan latar sebagai politisi Partai Gerindra. Partai presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sebagai politisi Gerindra, Supratman Andi Agtas berhasil duduk menjadi Anggota DPR RI dari Dapil Sulawesi Tengah pada periode 2014-2019.

Pada Pemilu 2019, Supratman Andi Agtas kembali terpilih di DPR RI. Ia duduk di Komisi III yang membidangi hukum. Sebelum dilantik menjadi Menkumham, Andi Agtas adalah Ketua Badan Legislasi DPR RI.

Selain Supratman Andi Agtas, Presiden Jokowi pada hari ini melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang sebelumnya menjabat Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Jokowi juga melantik Eks Ketua Tim Prabowo- Gibran Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi mengganti Bahlil. Kemudian melantik Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Kominfo.

Presiden Jokowi juga melantik Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Taruna Ikrar mengganti Penny Lukito. Selain itu Kepala Badan Gizi Nasional dijabat Dadan Hindayana serta Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi.

PDAM Makassar