kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Danny Pomanto Sebut Hibah Barang Jadi Solusi Pengelolaan Stadion

Danny Pomanto Sebut Sandiaga Uno Berpotensi Tak Buka F8
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (Dok : Hanifah KabarMakassar).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengungkapkan terkait rencana pengelolaan infrastruktur stadion dan pembangunan akses jalan menuju Stadion Sudiang.

Danny Pomanto, sapaannya mengaku telah melakukan pertemuan dengan Pj Gubernur Sulsel, pertemuan ini bertujuan untuk membahas mekanisme hibah dana sebesar Rp200 miliar dan solusi untuk pengelolaan aset

Pemprov Sulsel

Ia menyebut Pemkot Makassar menolak bantuan keuangan dalam bentuk dana karena konotasi negatif yang sering kali melekat.

“Biro Keuangan Provinsi mengusulkan dalam bentuk bantuan keuangan, namun kami tolak karena secara psikologis, kurang tepat jika Pemkot memberikan bantuan ke provinsi. Kami menjaga wibawa provinsi dan menghindari persepsi negatif seperti cashback,” katanya, Senin (22/07).

Sebagai solusi, Pomanto mengusulkan hibah dalam bentuk barang. Ia mengaku telah berdiskusi terkait hal ini.

“Kami telah berdiskusi dengan Pj Gubernur yang memahami hukum. Kami sepakat bahwa model terbaik adalah menyerahkan aset stadion ke Pemkot terlebih dahulu, lalu Pemkot yang membangun dan kemudian menyerahkannya kembali ke provinsi,” jelasnya.

Terkait aset stadion yang merupakan milik pemerintah pusat, Wali Kota menyarankan agar proses pengalihan aset dilakukan secara bertahap.

“Gedung stadion adalah aset pemerintah pusat. Kita akan meminta pemerintah pusat untuk menyerahkan aset tersebut ke provinsi, lalu provinsi menyerahkan ke Pemkot Makassar. Setelah itu, kami akan mengelola stadion tersebut,” terangnya.

Lebih lanjut, Danny Pomanto menegaskan komitmen Pemkot Makassar untuk membantu pengelolaan Stadion Sudiang.

“Kami siap membantu pengelolaan stadion di Sudiang. Ini merupakan bentuk kerja sama antar pemerintah untuk kepentingan bersama,” ujarnya.

Selain itu, pembangunan akses jalan menuju stadion yang direncanakan bertaraf internasional dengan kapasitas 50 ribu penonton itu masih memiliki hal lain yang perlu diselesaikan.

Dalam pembangunan akses jalan ke Stadion Sudiang, satu hal masih mengganjal dalam proses tersebut, yaitu lahan yang dimiliki oleh Pemprov Sulsel.

Diketahui, pemkot Makassar sudah siap membangun akses jalan sepanjang 1,2 km dari samping RS Pertamina, Jl Pajjaiang, Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya yang merupakan lahan pemprov. Sehingga, Pemkot Makassar baru-baru ini meminta hibah atas lahan tersebut.

Rencana pembangunan jalan ini akan dilengkapi dengan pedestrian, drainase, median jalan, hingga elektrikal, dengan total estimasi anggaran Rp200 miliar.

PDAM Makassar