kabarbursa.com
kabarbursa.com
News  

Prof Sukri : RPG Punya Kans Kuat di Pilwali Makassar

Prof Sukri : RPG Punya Kans Kuat di Pilwali Makassar
Rudy Pieter Goni (Dok : ist).
banner 468x60

KabarMakassar.com — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi salah satu partai yang paling diminati oleh sejumlah kandidat dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Makassar yang akan digelar pada 27 November mendatang.

Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Prof Sukri Tamma, mengungkapkan bahwa kader senior PDIP, Rudy Pieter Goni (RPG), memiliki peluang besar untuk maju dalam Pilwalkot Makassar dengan mengendarai partainya.

Pemprov Sulsel

Menurutnya, selain memiliki basis suara riil, RPG juga memiliki reputasi baik sebagai politisi dan anggota DPRD Sulsel.

“Jadi menurut saya, sebuah hal yang wajar ketika banyak tokoh yang kemudian mencoba untuk menyosialisasikan diri, termasuk RPG salah satu politisi senior di Sulsel. Saya kira kansnya bagus di PDIP,” ucap Sukri, kepada kabarmakassar.com.

Prof Sukri berpendapat, keberhasilan RPG duduk di DPRD Makassar, lalu DPRD Sulsel selama ini dalam beberapa periode menjadi bukti kekuatan riilnya di akar rumput. Apalagi dapilnya selama ini memang di Makassar, sehingga popularitas dan elektabilitasnya terjaga.

“Kalau misalnya punya basis suara artinya kan itu bisa menjadi modalnya di Pilwalkot Makassar,” ujar Sukri.

Dia menyampaikan sosok RPG yang juga Sekretaris PDIP Sulsel ini bisa menjadi penantang serius bagi siapapun di Pilwalkot Makassar.

Hanya saja, Sukri menyebut, untuk maju RPG butuh kepercayaan penuh dari PDIP. Ia melihat peluang RPG untuk diusung partainya masih fifty-fifty alias 50 persen. Sebab di partai ini masih ada kader lain seperti Ketua PDIP Makassar, Andi Suhada Sappaile, mantan calon wakil wali kota Makassar, dr Fadli Ananda maupun Indira Yusuf yang juga istri Wali Kota Makassar, Danny Pomanto.

“Yang kedua, apakah nanti ketika maju memang bisa betul-betul bersaing (memiliki pasangan yang pas). Karena persaingan kan tentunya berbeda arenanya ketika itu Pileg dengan Pilkada,” beber Sukri.

Karenanya, pertimbangan pasangan yang bisa menambah potensi elektabilitas mesti jadi perhatian. Apakah calon wakilnya nanti bisa meningkatkan elektabilitas mereka, atau malah sebaliknya. Sebelumnya, RPG saat dikonfirmasi menyampaikan pada dasarnya dia siap mengikuti perintah partai. Bila diminta maju bertarung di Pilwalkot Makassar, dia pun siap.

PDAM Makassar