Perusda
Bank SUlsel Bar

PLTB Sidrap Menanti Kedatangan Presiden Jokowi

on 7/3/18 Oleh Fritz Wongkar
PLTB Sidrap Menanti Kedatangan Presiden Jokowi
Lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kabupaten Sidrap [IST]

KabarToraja.com -- Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kabupaten Sidrap merupakan proyek pembangkit listrik menggunakan kincir angin terbesar di Asia Tenggara, bahkan pembangkit listrik yang menghasil listrik 75 Mega Watt (MW) ini diproyeksikan mampu untuk mengaliri listrik hingga 70.000 pelanggan listrik di Sulawesi Selatan. 

Hingga saat ini pembangunan pembangkit listrik tersebut sudah 98 persen selesai dengan 25 Wind Turbin Generator (WTG) atau kincir angin mulai beroperasi. Hal tersebut dibenarkan oleh Kabid Pengembangan Infrastruktur Media/Kehumasan Kominfo Sidrap, Sultan Rakib saat dihubungi KabarMakassar.com melalui selularnya, 7 Maret 2018.

PLTB Sidrap yang terletak di Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan luas area lahan 100 hektar bakal diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo. dimana kabar kedatangan orang nomor 1 di Indonesia ini akan meresmikan diakhir Maret 2018 mendatang.

"Kami menunggu kedatangan bapak Presiden untuk meresmikan PLTB di Sidrap, meski belum ada konfirmasi akan kejelasan tanggal kehadiran Presiden, akan tetapi Staff Kepresidenan dalam minggu ini sudah datang bersama Dirjen ESDM Ri untuk meninjau langsung kesiapan PLTB itu"kata Sultan Rakieb.

Kabid Pengembangan Infrastruktur Media/ Kehumasan Kominfo Sidrap, Sultan Rakib mengatakan jika dalam waktu dekat ini staff Kepresidenan akan melihat kesiapan dari launching PLTB Sidrap sebelum Presiden Ri bersama rombongan menteri datang melakukan launching pembangkit listrik 75 MW ini.

"Tinggal menunggu kedatangan Presiden Jokowi, 98 persen pengerjaan sudah selesai, 25 turbin dari 30 sudah beroperasi baling-balingnya berputar dengan baik"tambahnya.

Pembangkit listrik tenaga kincir angin ini digarap oleh investor asal Amerika Serikat, yakni UPC Renewables, bekerja sama dengan PT Binatek Energi Terbarukan. Sejak ditandatangani pada Agustus 2015 lalu, dengan target penyelesaian tahun 2018. 

Untuk diketahui jika proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga bayau di Kabupaten Sidrap ini menggunakan 709 tenaga kerja dan 95 persen didalamnya adalah pekerja lokal. 

Sebelumnya jika Presiden RI Joko Widodo batal melaunching PLTB Sidrap pada 25 Februari 2018 lalu. Namun informasi yang diterima pemerintah Kabupaten Sidrap jika PLTB Sidrap pada akhir Maret 2018 bakal dipersiapkan pada akhir bulan Maret 2018.