Perusda
Bank SUlsel Bar

Akademisi Dominasi Pendaftaran Calon Komisioner KPU Sulsel 

on 22/2/18 Oleh Baba Duppa
Akademisi Dominasi Pendaftaran Calon Komisioner KPU Sulsel 
Ketua KPU Sulawesi Selatan Iqbal Latief (kanan) menyerahkan hasil verifikasi Faktual Partai Politik calon peserta pemilu tahun 2019 kepada Bawaslu. Penyerahan dilakukan di KPU Sulsel Jalan Andi Pangeran Pettarani Makassar, Rabu 31 Januari 2018. Foto : Imran Arief

KabarMakassar.com --- Perwakilan akademisi yang tercatat mendominasi Pendaftaran Seleksi Calon Komisioner KPU Sulawesi Selatan Periode 2018-2023 yang telah berakhir pada Rabu 21 Februari 2018 kemarin.

Sejak dibuka pada 12 Februari, hingga ditutup ada 154 pendaftar baik yang menyerahkan langsung berkas ke Kantor Tim Seleksi Komisioner KPU Sulsel di Jalan And Djemma Makassar maupun yang mengirim berkas melalui email Tim Seleksi ataupun lewat Pos.

Dari 154 pendaftar, berasal dari berbagai latar belakang dan pendidikan. Mulai S1 hingga S3 , mulai honorer, Guru, pengacara, dosen hingga pensiunan.

Adapun pendaftar terbanyak berprofesi sebagai Dosen yakni 40 pendaftar.

"Yang Dosen menyerahkan berkas ada 40 orang," Kata Basti Tetteng Ketua Tim Seleksi Komisioner KPU Sulsel, Kamis 22 Februari 2018.

Sementara posisi kedua pendaftaran terbanyak merupakan Anggota KPU di Sulawesi Selatan yakni 28 orang. 28 orang anggota KPU di Sulsel ini diantaranya merupakan anggota KPUD di Sidrap, Bantaeng, Gowa, Maros, dan Luwu Utara serta 4 Komisioner KPU Sulsel saat ini.

Dari 5 Komisioner KPU Sulsel saat ini , 4 Diantaranya maju kembali yakni, Khaerul Mannan, Faisal Amir, Misna M Attas, dan Mardiana Rusli. Sementara Ketua KPU Sulsel Iqbal Latief tidak mendaftar lagi.

60 orang yang dinilai paling layak akan mengikuti serangkaian tes, diantaranya tes wawancara, kesehatan, hingga psikologi. Hingga 14 pendaftar akan mengikuti tes di KPU Pusat menentukan 7 orang komisioner KPU Sulsel selanjutnya.

Untuk penentuan komisioner KPU Sulsel cukup menarik perhatian. Karena penentuan komisioner dilaksakan mendekati pilkada.

Adapun masa berakhirnya periode Komisioner KPU Sulsel yakni 24 Mei 2018.