Perusda
Bank SUlsel Bar

Pangdam: Prajurit TNI Diminta Netral

on 20/2/18 Oleh Baba Duppa
Pangdam: Prajurit TNI Diminta Netral
Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bhakti [Foto: Imran Arief / KabarMakassar.com]

KabarMakassar.com --- Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bhakti terus mengimbau dan mengingatkan anak buahnya agar netral dalam Pilkada Serentak 2018 mendatang.

Hal ini kembali disampaikan Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bhakti dalam rapat pimpinan Kodam XIV Hasanuddin di Markas Rindam Hasanuddin Pakkatto Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, Selasa 20 Februari 2018.

Menurut Mayjen Agus Surya Bhakti ada dua penyebab sehingga anggota TNI tidak netral yakni sengaja dan tidak sengaja.

Bagi anggota yang tidak netral karena sengaja dipastikan akan diberikan hukuman sesuai tingkat kesalahannya mulai tingkatan ringan hingga berat.

Sementara bagi parajurti TNI yang tidak netral karena tidak sengaja atau tidak tahu karena informasi yang minim terkait netralitas, maka yang akan dihukum adalah komandannya. Hal ini dikarenakan komandan memiliki tanggungjawab untuk menyampaikan informasi kepada bawahannya.

"Kalau ada 100 orang anak buahnya maka harus pastikan semua faham apa itu netralitas, kalau anak buah tidak netral karena kurang informasi maka salah komandannya," terang Mayjen Agus.

Mayjen TNI kemudian meminta kepada anak buahnya jika ada informasi di media sosial yang belum diketahui kepastian kebenarannya maka tidak langsung dipercaya namun disampaikan kepada komandan atau mencari informasi di situs resmi kodam 14 Hasanuddin.

Selain menjaga netralitas anggota TNI, Kodam 14 Hasanuddin juga melakukan komunikasi dengan pihak Polda termasuk Polda Sulsel untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan Pilkada serentak. Selain melakukan MOU, Kodam dan Polda juga sudah melakukan simulasi pengamanan.

Di wilayah Kodam 14 Hasanuddin, yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara ada sekitar 16 wilayah yang menggelar Pilkada serentak 2018. (*)