Perusda
Bank SUlsel Bar

Percaya atau Tidak, Makanan Ini Membawa Berkah Imlek

on 18/2/18 Oleh Redaksi
Percaya atau Tidak, Makanan Ini Membawa Berkah Imlek
Ilustrasi.(Ist)

KabarMakassar.com --- Masih menyambut suasana Imlek, Masyarakat Tionghoa biasanya menyukai makanan yang praktis dalam merayakan hari-hari penting Tionghoa seperti penyambutan tahun baru. Sejumlah bahan makanan pada saat Tahun Baru Imlek mempunyai makna sebagai pembawa kekayaan, kesehatan dan kebahagiaan pada tahun mendatang.

Seperti yang dilansir oleh South China Morning Post oleh Liputan6.com, Berikut daftar makanan-makanan apa saja yang membawa kebaikan pada imlek ini.

1. Jeruk Mandarin

Dalam perayaan Imlek, jeruk Mandarin dianggap akan membawa kekayaan bagi sang pemilik. Ini bisa diletakkan dan taruh di sudut-sudut rumah, atau lobi kantor. Jika ingin memakannya, sebaiknya pilih jenis jeruk lain misalnya Pomelo, karena jeruk Mandarin ini berfungsi sebaga pajangan saja.

2. Sepasang Ikan Segar

Dalam budaya Tionghoa, ikan dipandang sebagai suatu hal yang membawa berkah. Dengan memakan ikan segar pada perayaan Imlek maka dipercaya akan mendatangkan kekayaan pada tahun-tahun berikutnya.

3. Dimsum

Merupakan kebiasaan dari China bagian utara, memakan dimsum kini juga sudah menyebar ke keluarga China selatan. Dimsum juga dipercaya akan membawa kekayaan bagi sang pemilik rumah.

4. Ayam

Saat perayaan Imlek tiba, ayam mesti disajikan utuh dengan kepala dan kakinya. Ayam merupakan simbol kesejahteraan dan kemakmuran.

5. Mie

Kali ini datang dari makanan favorit semua orang, yaitu mie. Dipercaya dapat memberikan umur panjang bagi yang mengkonsumsi mie, mie disarankan hadir saat perayaan Imlek tiba.

6. Lumpia

Terakhir yaitu lumpia. Mewakili lambang emas, lumpia juga dianggap membawa banyak keberuntungan ketika dikonsumsi saat perayaan Imlek.