Perusda
Bank SUlsel Bar

Ini Penulisan Yang Benar Kong Xi Fat Chai?

on 16/2/18 Oleh Muhammad Fajar Nur
Ini Penulisan Yang Benar Kong Xi Fat Chai?
Ilustrasi.(Ist)

KabarMakassar.com --- Ikut merayakan perayaan Tahun Baru Imlek sebagai salah satu perayaan terpenting masyarakat Tionghoa dapat menjadi bukti adanya toleransi ditengah-tengah masyarakat dunia yang berlangsung hari ini, Jumat, 16 Februari 2018.

Namun manakah yang benar dalam menuliskan ucapan untuk merayakan tahun baru Imlek 2569 dengan shio anjing.

Mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan penulisan "Gong Xi Fa Cai" dan beberapa penulisan lain seperti gong xi fa chai, gong xi fat cai, gong xi fat cay, gong xi fat chay, gong xi fat chai, dan sebagainya.

Diwawancarai khusus oleh Tim Redaksi KabarMakassar.com melalui Media Sosial, Chelsy Yurista, mahasiswi Southeast University di Kota Nanjing, Tiongkok menjelaskan ucapan yang berasal dari bahasa Tionghoa  mengacu pada kiblat penulisan bahasa Tionghoa standar saat ini yaitu Putonghua yang merupakan bahasa nasional resmi Republik Rakyat Tiongkok. 

Penulisan Putonghua dalam huruf latin sekarang ini juga menggunakan satu standar, yakni sistem Pinyin atau huruf alphabet yang digunakan untuk membantu kita membaca huruf mandarin.

Maka, jika ucapan bermakna doa tersebut dalam bahasa mandarin bertuliskan 恭喜發財, seharusnya jika dituliskan dalam Pinyin yang betul adalah: Gong Xi Fa Cai. 

"Mungkin orang-orang menulis sesuai apa yang mereka dengar karena dalam bahasa mandarin huruf G dibaca K dan huruf C terdengar seperti TJ," jelas Chelsy.

Namun, apakah salah mengucapkan dalam bentuk tulisan lain?

A.M. Rafsandi, alumni Huayu Enrichment Scholarship yang mempelajari bahasa mandarin di Taiwan selama 6 bulan menjelaskan kemunculan bentuk penulisan lain disebabkan penggunaan sistem Hanzi.

"Hanzi itu karakter dalam bahasa mandarin, berbeda dengan Pinyin. Kalau secara karakter Hanzi itu yang benar Kong Xi Fat Chai tapi entahlah mungkin di Indonesia dipermudah jadi biar gampang disebut," ungkap Sandi.

Bagaimanapun redaksi tulisannya, selama maksud dari ucapan tersebut untuk mendoakan orang lain selalu dalam keselamatan dan kesuksesan sesuai dengan arti ucapan sebenarnya yang bermakna selamat dan semoga sukses selalu. (*)