Perusda
Bank SUlsel Bar

Terpisah 8 Bulan, Alum Ketemu Ibunya di Makassar

on 7/2/18 Oleh Baba Duppa
Terpisah 8 Bulan, Alum Ketemu Ibunya di Makassar
Elizabeth Avalis menggendong anaknya Alum Avanos saat bertemu di Makassar Sulawesi Selatan, Rabu 7/2/2018. [Foto: Humas Polda Sulsel]

KabarMakassar.com --- Setelah terpisah sekitar delapan bulan, hari ini Rabu 07 Februari 2018, Elizabeth Avalis akhirnya bisa bertemu dengan anaknya Alum Avanos usia tujuh tahun warga Argentina.

Pertemuan yang berlangsung di Makassar Sulawesi Selatan ini adalah pertemuan mereka yang pertama sejak Alum dilaporkan diculik Jorge Gabriel ayah kandung nya sendiri bersama dengan Candela teman wanita Jorge.

Usai pertemuan yang difasilitasi  Kedutaan Besar Republik Argentina, Pihak NCB Interpol Indonesia serta Polda Sulawesi Selatan mereka selanjutnya berangkat ke Jakarta kemudian Argentina.

Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan Kombes Polisi Dicky Sondani.

"Alum sudah ketemu dengan ibunya Elizabeth, malam ini akan pulang ke Jakarta," Terang Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Polisi Dicky Sondani.

Sementara itu, pelaku penculikan yakni Jorge Gabriel dan Candela masih berada di Makassar Sulawesi Selatan.

Keduanya masih harus mempertanggung jawabkan perbuatannya, apalagi kedua warga asing yang sebelumnya diberi red Notice oleh interpol terindikasi melakukan pelanggaran imigrasi. Keduanya terindikasi telah melanggar hukum dengan masuk ke Wilayah Negara Indonesia secara ilegal.

Untuk itu, Polda Sulsel akan melakukan koordinasi dengan pihak imigrasi.

Alum yang dilaporkan diculik sekitar 8 bulan lalu ini ditemukan di Kecamatan Kesu Kabupaten Tana Toraja Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa 06 Februari 2018. Alum ditemukan setelah empat hari berada di Tanah Toraja.

Sebelumnya Alum diculik ayahnya di sekolah di Argentina pada Juni 2017 lalu. Bersama dengan ayah dan pasangan ayahnya, Alum diajak berkeliling negeri diantaranya Bolivia, Brazil, Jepang, Malaysia dan Indonesia.

Pencarian Alum dilakukan atas dasar permintaan NCB Interpol dan Kedutaan Besar Argentina bekerjasama dengan Interpol Prancis yang mengeluarkan Red Notice untuk mengamankan menangkap ayah dan pasangan ayah Alum terkait permintaan bantuan pencarian korban penculikan.

Untuk masuk ke Indonesia, mereka menggunakan jalur laut yakni rute Batam, Jakarta dan Makassar kemudian Tana Toraja. Dari Makassar mereka berjalan kaki selama delapan hari hingga tiba di tanah Toraja.

Jorge meninggalkan  Argentina  usai perceraian dengan ibu Alum, Elizabeth Avalis. Sementara Hak asuh Alum diberikan kepada Elizabeth. (*)