Perusda
Bank SUlsel Bar

Mensos RI : Asmat Papua Sudah Tidak Darurat

on 6/2/18 Oleh Baba Duppa
Mensos RI : Asmat Papua Sudah Tidak Darurat
Menteri Sosial RI Idrus Marham saat memberikan pengarahan di kegiatan pelepasan tim medis dan kesehatan Unhas untuk Asmat di Gedung Rektorat Universitas Hasanuddin Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, Senin (5/02/18). Dalam sambutannya kali ini Mensos RI mengharapkan Unhas bisa menjadi contoh untuk kampus atau lembaga lembaga lainnya untuk membantu sesama khususnya persoalan gizi buruk di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua [Imran Arief /kabarmakassar.com]

KabarMakassar.com--- Menteri Sosial RI Idrus Marham menyebutkan jika saat ini kondisi di Kabupaten Asmat Provinsi Papua sudah tidak darurat.

Hal ini setelah adanya Respon cepat pemerintah dalam rangka tanggap darurat dan membentuk tim terpadu.

Tim terpadu inilah yang kemudian mendatangi distrik-distrik yang terdampak Gizi buruk dan Campak.

"Sudah tidak darurat karena kita sudah atasi pada tahap awal," Kata Menteri Sosial Idrus Marham di Makassar Sulawesi Selatan, Selasa 06 Februari 2018.

Setelah kondisi tidak darurat, kini yang dilakukan yakni  adalah perawatan pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat.

"Respon cepat pemerintah dalam rangka tanggap darurat telah membentuk tim terpadu dan tim ini bekerja satu bulan sudah 22 distrik dari 23 yang dikunjungi dan ditemukan indikasi beberapa orang terkena dampak campak itu dan sudah diatasi. Maka alangkah selanjutnya yakni bagaimana perawatan, pembinaan, dan pengembangannya. Saat ini pemerintah sudah sampai pada tahap bagaimana perawatannya. Bagaimana pembinaan dan pemberdayaan masyarakatnya," lanjutnya

Sebelumnya, Kasus Luas Biasa atau KLB Gizi buruk dan Campak terjadi Kabupaten Asmat Provinsi Papua . Bahkan menyebabkan korban meninggal dunia termasuk anak anak.