Perusda
Bank SUlsel Bar

Temuan Pungli Sekolah Tator Dilaporkan ke Gubernur Sulsel

1 week, 5 days ago Oleh Redaksi
Temuan Pungli Sekolah Tator Dilaporkan ke Gubernur Sulsel
Ilustrasi

KabarMakassar.com --  Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) Yayasan Peduli Pendidikan Masyarakat Toraja (YPPMT) akan meneruskan dugaan temuan pungutan sekolah yang terjadi di Kabupaten Tana Toraja langsung ke Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan. 

Ketua LSM YPPMT Titus T. Samara menilai temuan pungutan sekolah ini telah melanggar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Peemendikbud) No. 44 Tahun 2012 Tentang Pungutan dan Sumbangan Biaya Pendidikan Pada Satuan Pendidikan Dasar.

"Jelas sekali Permendikbud No.44/2012 pada pasal 1 ayat 1 yang menyebutkan pungutan adalah penerimaan biaya pendidikan baik berupa uang dan/atau barang/jasa pada satuan pendidikan dasar yang berasal dari peserta didik atau orangtua/wali secara langsung yang bersifat wajib, mengikat, serta jumlah dan jangka waktu pemungutannya ditentukan oleh satuan pendidikan dasar," ucapnya kepada reporter KabarMakassar.com, Rabu, 10 Oktober 2018.
 
Dia menegaskan pihaknya akan menindaklanjuti temuan tim Saber Pungli Tator terkait indikasi tiga sekolah di Tana Toraja yang ditemukan melakukan pungutan seragam sekolah ke orang tua murid.

Dia mendesak dan mengancam Pemerintah Kabupaten Tana Toraja segera menyelesaikan kasus pungutan ke siswa terkait pembelian baju olahraga dan baju batik itu.

"Saya minta Pemkab Tana Toraja segera melakukan pemanggilan terhadapn tiga Kepala Sekolah yakni Kepsek SDN 177 Se,seng, Kepsek SMPN 1 Makale dan Kepsek SMP Kristen Makale yang terang-terangan melakukan pungutan kepada siswa," ujarnya.

Pungutan pembelian baju batik dan baju olah raga ini, kata dia akan ditindaklanjuti dan dilaporkan ke Gubernur Sulawesi Selatan karena telah mencoreng sistem pendidikan di Sulsel.

"Laporan ke Gubernur nanti juga akan kami tembuskan ke pemeriksa baik inspektorat provinsi, BPKP dan BPK. Kalau perlu sampai ke KPK," ungkapnya.

Meskipun tim Saber Pungli Tana Toraja telah berjalan, dia berharap agar masyarakat melaporkan kasus pungutan sekolah langsung ke layanan online Kementerian Pendidikan Nasional yakni http://laporpungli.kemdikbud.go.id/