Perusda
Bank SUlsel Bar

Rel Kereta Api Trans Sulawesi Tahap Pemasangan

3 weeks, 3 days ago Oleh Fritz Wongkar
Rel Kereta Api Trans Sulawesi Tahap Pemasangan
Rel Kereta Api trans Sulawesi [Int]

KabarMakassar.com -- Proyek pengerjaan Kereta Api (KA) Trans Sulawesi jalur Makassar-Parepare saat ini sudah memasuki tahapan pemasangan rel kereta. Hal tersebut dikatakan Satker Proyek KA Barru, Arinova. Senin 24/9. Ia mengatakan jika saat ini pihaknya sementara fokus untuk pemasangan rel kereta.

"Saat ini kita fokus untuk pemasangan rel kereta, dimana semua kita mulai angkut ke lokasi untuk persiapan pemasangan rel"ujarnya.

Untuk diketahui sebelumnya jika semua rel kereta api ditampung di pelabuhan Garongkong Barru, selain itu barang rel dan stok lainnya juga berada di pabrik Wika di Makassar. Proyek pengerjaan ini dimulai dari Kabupaten Barru dan ia menjelaskan, pihaknya sudah mulai perlahan membawa satu persatu bahan rel ke lokasi.

Arinova juga mengatakan jika stok untuk pembangunan rel yang sepanjang 47 kilometer ini cukup dan seluruh batang rel, dan bantalan dalam sepakan muali diangkut satu-persatu dengan alat berat.

Sementara itu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan rel kereta api Trans Sulawesi sudah bisa beroperasi awal tahun 2019. Namun, Kemenhub masih mencari gerbong kereta yang cocok dipakai. Dikabarkan pula jika Kemenhub bakal buka lelang khusus operator untuk mengoperasikan kereta api Trans Sulawesi sepanjang.
 
Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulmafendi mengatakan, sejauh 14 kilometer telah selesai dengan progres 84,7 persen dari target 47 kilometer. Selain itu untuk operator yang akan melayani angkutan perintis penumpang akan dilelang. 

Untuk lelang operator tersebut merupakan pertama kalinya, operator KA ditangani oleh pihak swasta.