Perusda
Bank SUlsel Bar

Kuota CPNS Diterima Lutra, Bupati Sebut Jauh dari Harapan

on 10/9/18 Oleh Fritz Wongkar
Kuota CPNS Diterima Lutra, Bupati Sebut Jauh dari Harapan
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani [Int]

KabarMakassar.com -- Jumlah formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diusulkan Pemerintah Daerah Luwu Utara (Lutra) jauh dari harapan. Hal tersebut dikatakn Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat dihubungi via selularnya, Senin 10 September 2018.

Surat yang diterima dari BKN pusat, jika kuota yang diterima Luwu Utara sesuai dengan jumlah PNS yang pensiun tahun lalu, namun kebutuhan tersebut jauh dari harapan pemda Lutra. 

"Jadi benar ada 80 kuota CPNS yang kami terima saat ini, memang sesuai dengan jumlah ASN yang pensiun tahun lalu. Dan jumlah itu jauh dari kebutuhan, tapi ini kebijakan pusat yang telah dijelaskan dalam beberapa pertemuan sebelumnya"ujar Bupati Indah Putri Indriani kepada KabarMakassar.com.

Lanjut Bupati Indah mengatakan jika pada prinsipnya, pemerintah daerah melakukan secara maskimal jumlah ASN tersebut untuk mendistribusikan berdasarkan wilayah dengan kebutuhan yang paling mendesak. "Kita alokasikan ASN tersebut didaerah yang paling dibutuhkan dimana tenaga pendidikan (guru) dan tenaga kesehata paling dibutuhkan di wilayah Lutra"tambahnya.

Tahun 2017 lalu pemerintah daerah Luwu Utara mengusulkan penerimaan 1.032 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017. Namun tahun 2018 pemda menyesuaikan dengan jumlah pegawai yang pensiun tahun 2017.

Sekadar diketahui, pendaftaran CPNS akan dibuka 19 September 2018.

Pemda Lutra kuota CPNS paling sedikit di bandingkan dengan formasi CPNS daerah di Sulsel diantaranya yang diterima kabarmakassar.com antara lain;

1. Selayar kuota CPNS 253.

- Tenaga Pendidikan 100 orang
- Tenaga Kesehatan 97 orang
- Tenaga Teknis 50 orang
- Honorer K2 6 Guru dan 1 Tenaga kesehatan.

2. Wajo kuota CPNS 309.

- Tenaga Guru 100 orang
- Tenaga Kesehatan 109 orang
- Tenaga Teknis 30 orang
- Honorer K2 70 orang.

3. Sinjai kuota CPNS 250.

- Tenaga pendidikan: 128 orang
- Tenaga Kesehatan 92 orang
- Tenaga Teknis 30 orang.

4. Luwu Utara kuota CPNS 80.

- Rincian belum ada.

5. Jeneponto kuota CPNS 98 orang

- Rincian belum ada.