Perusda
Bank SUlsel Bar

Kolaborasi Cek Fakta Pemkot Makassar & Kabar Makassar

on 30/8/18 Oleh Hendra N. Arthur
Kolaborasi Cek Fakta Pemkot Makassar & Kabar Makassar
Penandatanganan MoU Cek Fakta yang langsung diteken Walikota Makassar, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto dan CEO PT. Kabar Grup Indonesia, Upi Asmaradhana dilakukan di puncak peringatan Anniversary 9th KabarMakassar.com yang digelar di Hotel Harper Makassar, Rabu, 29/8/2018. [Foto: Ardiansah KabarMakassar.com]

Kolaborasi Cek Fakta Pemkot Makassar dan KabarMakassar.com

KabarMakassar.com --- Peringatan HUT Kabarmakassar yang ke-9, ditandai dengan kolaborasi Cek Fakta antara KabarMakasar dan Pemerintah Kota Makassar melalui penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) Cek Fakta yang pertama kalinya dilakukan di Indonesia.

Proyek kolaboratif Cek fakta dan komitmen untuk perangi hoaks ini telah dilakukan 22 Media Online di Indonesia bersama Google News, Mafindo, Internews, AJI Indonesia, AMSI Mei lalu di Jakarta.

KabarMakassar.com sebagai  media yang terlibat dalam jaringan CekFakta kemudian melakukan kolaborasi bersama Pemerintah Kota Makassar.

Penandatanganan MoU Cek Fakta yang langsung diteken Walikota Makassar, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto dan CEO PT. Kabar Grup Indonesia, Upi Asmaradhana dilakukan di puncak peringatan Anniversary 9th KabarMakassar.com yang digelar di Hotel Harper Makassar, Rabu, 29 Agustus 2018.

"Kami berharap MoU Cek Fakta ini bisa meredam dan mengurangi peredaran informasi-informasi palsu dan berita-berita hoaks di daerah ini," kata Walikota Makassar Danny Pomanto usai melakukan penandatanganan MoU tersebut.

Apalagi, lanjutnya banyaknya informasi-informasi palsu sepanjang pesta demokrasi di Pemilihan Walikota Makassar (Pilwalkot) yang lalu menyisakan beragam opini publik yang menyesatkan masyarakat di Kota Makassar dan sekitarnya.

Sebelumya, sebanyak 22 media online di Indonesia bersama cekfakta dan google news juga telah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Penandatanganan MoU tersebut bersamaan dengan kegiatan Trusted Media Summit 2018  di Gran Melia Hotel, Jakarta, pada 5-6 Mei 2018. 

Satu-satunya media online dari timur Indonesia yakni KabarMakassar.com tercatat masuk dari 22 media online Indonesia. 

Upi Asmaradhana, mengatakan setelah MOU ini, maka akan  dibentuk tim kolaboratif antara Pemkot dan Kabarmakassar.com.


" Setelah dilakukan pelatihan yang diasistensi tim KabarMakassar, akan dibangun platform CekFakta Makassar. Outputnya pemkot dan kabarmakassar akan punya satu mekanisme untuk melakukan  verifikasi cek fakta,"katanya.

Jadi informasi  hoaks akan diverivikasi lebih dari satu tim sehingga kerdibilitasnya menjadi lebih baik.

"Jadi setelah Pemkot selesai, kita akan melibatkan pihak lain untuk tidak terlibat, sehingga akan banyak pihak yang akan bergabung dalam inisiatif ini," kata dia 

Pelibatan Pemerintah Kota Makassar dalam gerakan Cek Fakta ini, diharapkan akan menjadi kekuatan baru di dalam memerangi Hoax, terutama menjelang menghadapi tahun politik 2019 mendatang " Semakin banyak pihak yang ikut menggaungkan klarifikasi terhadap isu-isu hoax, fitnah dan propganda  maka akan semakin baik. Melibat unsur di luar media ini, juga salah satu terobosan." katanya.

Secara nasional, CekFakta saat ini beranggotakan 22 media yang bergabung dalam kolaborasi ini adalah tempo.co, tirto.id, viva.co.id, suara.comdetik.comkompas.comliputan6.commerdeka.com, katadata.co.id, beritajatim.com, kbr.id, bisnis.comberitasatu.comantaranews.com, dream.co.id, timesindonesia.co.id, riauonline.co.id, thejakartapost.com, kontan.co.id, republika.co.id, kabarmedan.com, dan Kabarmakassar.com

Inisiasi Cekfakta Makassar antara Pemerintah Kota Makassar dan portal KabarMakassar ini sendiri, merupakan kolaborasi yang baru, dan juga bisa menjadi model baru bagi gerakan melawan Hoax di masa-masa mendatang.