Perusda
Bank SUlsel Bar

Karwo Sebut SYL Kepala Suku Kawasan Indonesia Timur

on 20/4/18 Oleh Fritz Wongkar
Karwo Sebut SYL Kepala Suku Kawasan Indonesia Timur
SYL Sertijab dengan Karwo di APPSI

KabarMakassar.com -- Syahrul Yasin Limpo (SYL) hadir pada acara Serah Terima Jabatan Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsinsi SeIndonesia (APPSI) dan Pembukaan Rapat Gabungan Forum Kerjasama Daerah - Mitra Praja Utama ke XVIII tahun 2018 di JW. Marriott Hotel di Surabaya, Jawa Timur, Kamis 19 April 2018.

SYL yang merupakan 
Ketua Umum APPSI Periode 2011-2019 menyerahkan jabatannya pada Wakil Ketua Umum APPSI Soekarwo yang juga merupakan Gubernur Jawa Timur. 

Serah terima ditandai dengan penyerahan pataka/simbol APPSI dari Syahrul Yasin kepada Soekarwo. Dengan demikian SYL selaku ketua dengan masa bakti dari tahun 2015-2018 sedangkan Soekarwo dengan masa bakti dari tahun 2018-2019. 

Masa jabatan SYL sebagai ketua berakhir seiring dengan jabatannya sebagai Gubernur Sulsel Berakhir. 

SYL dalam pidato pertanggungjawabannya, mengemukakan, ucapan terima kasih diberikan kepercayaan memimpin selama dua periode. 

"Terima kasih atas kepercayaannya diberi amanah memimpin dua periode APPSI, dan berbagai hasil rekomendasi yang dihasilkan, beberapa kebijakan yang sentralistik dan memberi penguatan kepada pemerintah provinsi," kata SYL. 

Sedangkan Gubernur Jatim Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo yang mendapat amanah meneruskan organisasi APPSI sebagai Ketua, juga menyatakan akan meneruskan program kerja yang telah digariskan oleh organisasi, seraya membangun strategi sehingga asosiasi ini tetap diperhitungkanngkan oleh pemerintah pusat.

Karwo mengatakan, bersyukur karena SYL lahir sebagai pemimpin dan tokoh yang kharismatik dan telah membawa APPSI sebagai organisasi yang melekat ke Pemerintah Pusat. 

Ia mengangggap SYL selain sebagai ketua para gubernur seIndonesia juga sebagai tokoh dan kepala suku Indonesia Timur.

"Pak SYL adalah tokoh dan Kepala Suku Indonesia Timur, dan patut diperhitungkan di tingkat nasional," sebut Karwo. 

Karwo juga menyebutkan kejelakan dari SYL, yaitu justru karena terlalu baik. Ia juga dinilai mampu mensinergikan para pemimpin provinsi ini untuk bersatu. 

"Memang susah menjadi ketua, karena anggotanya semua ketua, namun SYL mampu mensinergikan semua itu, sehingga asosiasi ini dapat berjalan sesuai harapan kita dan masyarakat," bebernya. 

Diterangkan olehnya, dari APPSI yang dipimpin SYL, tidak sedikit hasil pemikiran organisasi ini yang menjadi kebijakan pemerintah pusat.