Panwascam Tamalatea Rilis Data Pemilih Ganda

Pilkada Sulsel

Panwascam Tamalatea Rilis Data Pemilih Ganda

KabarMakassar.com, Jeneponto --- Pimpinan Pengawas pemilu Kecamatan (Panwascam) Tamalatea melakukan identifikasi pemilih ganda di Kantor Panwascam Jalan Daud Lili no.10 Kecamatan Tamalatea, Makassar hari ini, Selasa 27 Maret 2018.

Hal itu diungkapkan Pimpinan Panwaslu Kordiv Hukum dan Penanganan Pelanggaran Firmansyah saat ditemui Kabarmakassar.com diruang kerjanya hari ini. Ia menjelaskan banyaknya daftar pemilu ganda yang berhasil di identifikasi dari daftar pemilih sementara yang dikeluarkan oleh KPU Jeneponto beberapa hari lalu tepatnya tanggal 24 maret 2018.

"Daftar pemilih ganda banyak kita identifikasi dari daftar pemilih sementara yang dikeluarkan oleh KPU Jeneponto," ungkap Firman

Selain itu daftar pemilih ganda yang terdapat di Kecamtan Tamalatea ditemukan sebanyak 1.536 dari total wajib pilih sementara 37.708.

Firman menambahkan daftar pemilih ganda terdapat 3 bentuk yaitu, ganda pemilih interen TPS , ganda pemilih lintas TPS dan pemilih ganda antar desa.

"Dari 12 desa dan kelurahan terdapat ganda pemilih internal TPS sebanyak 147 untuk kelurahan Bontotangnga, 22 tonrokassi, 36 Tonrokassi barat, Tonrokassi timur 72, Tamanroya 7, Manjangloe 6 , 24 Borongtala, 28 Bontosunggu, 58 turatea, 15 turatea timur, karelayu 16, dan Bontojai 8, " katanya

Firman menambahkan daftar pemilih ganda lintas TPS Bontotangnga 49, tonrokassi 10, tonrokassi barat 64, tonrokassi timur 24, tamanroya 1, Manjangloe 5, Borongtala 100, Bontosunggu 26, Turatea 29, Turatea timur 29, karelayu 7, Bontojai 6 sedangkan pemilih ganda antar desa sebanyak 24.

"Kami juga menemukan adanya pemilih yang bukan beralamat di Kecamatan Tamalatea melainkan berasal dari kecamatan lain, kita juga menemukan adanya pemilih yang sudah meninggal masih terdaftar sebagai pemilih, padahal ini sudah diverifikasi saat pemutakhiran data pemilih yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP)," tutur Firman.

Firman menambahkan juga menemukan adanya pemilih yang bukan beralamat Kecamatan Tamalatea melainkan dari Kecamatan lainnya sehingga menghimbau agar PPK dan PPS untuk melakukan koreksi data DPS yang baru-baru dikeluarkan dan kami juga meminta kepada masyarakat agar melaporkan dirinya dikantor Panwascam Tamalatea atau Menghubungi PPL kita dilapangan jika belum terdaftar dalam DPS atau berhubungan langsung dengan petugas PPS setempat.

"Kami meminta kepada PPK dan PPS untuk melakukan perbaikan atau mengoreksi data daftar pemiih sementara (DPS) yang dikeluarkan KPU Jeneponto beberapa waktu lalu dan meminta kepada masyarakat agar melaporkan dirinya ke Panwascam Tamalatea jika dirinya belum terdaftar dalam pemilih sementara," tegas Firman.

Penulis :

Editor :