Perusda
Bank SUlsel Bar

Mikroplastik dalam Air Minum Kemasan Jadi Perhatian WHO

on 17/3/18 Oleh Redaksi
Mikroplastik dalam Air Minum Kemasan  Jadi Perhatian WHO
ilustrasi[ist]

KabarMakassar.com--Temuan mikroplastik dalam beberapa merk air minum kemasan jadi perhatian serius organisasi kesehatan dunia (WHO). Investigasi tentang temuan tersebut tengah dilakukan.

Sementara di Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyampaikan imbauan agar konsumen tetap tenang. Keamanan, mutu, dan gizi produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang beredar di Indonesia sudah diatur dalam SNI AMDK (Wajib SNI) dan Peraturan Kepala BPOM.

"BPOM RI terus melakukan pengawasan pre-market dan post-market terhadap keamanan, mutu, dan gizi produk pangan sesuai dengan standar yang berlaku

BPOM menyebut bahwa mikroplastik merupakan isu yang sedang diamati perkembangannya. Penelitian tentang toksikologi mikroplastik bagi kesehatan manusia tengah dilakukan oleh berbagai lembaga di seluruh dunia.

Isu air minum kemasan yang tercemar partikel mikroplastik menimbulkan pertanyaan besar. Risiko apa yang timbul jika tubuh kita terus-terusan mengonsumsi minuman yang dinyatakan terkena pencemaran mikroplastik?

Kepala Pusat Peneliti Oseanografi LIPI, Dirhamsyah, menjelaskan bahaya mikroplastik atau nano plastik di dalam tubuh manusia belum pernah diteliti. Namun, sebuah lembaga riset di Swedia yang melakukan penelitian mikroplastik di otak sebuah ikan, menemukan perubahan perilaku gerak dan pola makan ikan itu. Melihat dari hasil penelitianya terhadap ikan tersebut, ya bisa terjadi indikasi bahwa konsumsi mikroplastik yang banyak di dalam tubuh dalam menimbulkan tumor.