Pemkab Bulukumba Serahkan 1.608 Hewan untuk Dikurbankan

Pemkab Bulukumba Serahkan 1.608 Hewan untuk Dikurbankan
Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali menyerahkan hewan kurban sapi secara simbolis ke Kementerian Agama (Kemenag) Bulukumba.

KabarMakassar.com -- Kementerian Agama (Kemenag) Bulukumba mencatat sebanyak 1.608 ternak yang akan dikurbankan pada perayaan Idul Adha tahun 2019. Adapun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba dalam hal ini, Bupati AM Sukri Sappewali dan Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto menyerahkan masing-masing 2 dan 1 ekor sapi kepada Panitia Hari Besar Islam (PHBI) yang diwakili H.M. Yunus usai pelaksanaan shalat Idul Adha 1440 hijriah di halaman Kantor Bupati, Minggu (11/8).

Sejumlah pejabat tampak hadir mengikuti shalat Ied, seperti Sekretaris Daerah Andi Bau Amal, Kapolres Bulukumba AKBP Syamsu Ridwan, Ketua Pengadilan Negeri, Sutiyono dan beberapa Kepala OPD lingkup Pemkab Bulukumba. 

Sebelum dilaksanakan shalat Idul Adha, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali menyampaikan sambutannya di hadapan seluruh jamaah.  Naskah sambutan ini juga dibacakan oleh pemerintah kecamatan dan pemerintah desa kelurahan se Kabupaten Bulukumba. 

Adapun khatib shalat Idul Adha dibawakan oleh K.H. Mustari Randa. 

Pengurus PHBI yang juga Kepala TU Kemenag Bulukumba, H. Muh Yunus mengatakan jika perayaan Idul Adha tahun 2019, masyarakat Kabupaten Bulukumba akan mengurbankan 1.608 ternak, yang terdiri dari Sapi 1.486 ekor, dan Kambing 122 ekor. 

Jumlah ini meningkat dari tahun 2018 sebanyak 1.530 ekor. Jumlah kurban tersebut merupakan laporan dari Kantor Urusan Agama (KUA) di setiap kecamatan yang mendata jumlah ternak yang akan dikurbankan di setiap mesjid, kelompok dan pribadi masyarakat.

Penulis : Fitriani Lestari

Editor : Fritz Wongkar