Perusda
Bank SUlsel Bar

Tanda Pertama Kanker yang Orang Abaikan

on 16/3/18 Oleh Lina Budi Astuti
Tanda Pertama Kanker yang Orang Abaikan
Ilustrasi (ist.)

KabarMakassar.com --- Terkadang kita sering mengabaikan perubahan yang muncul pada tubuh kita. Tanpa  disadar hal itu mungkin saja menandakan sebuah penyakit.

Sangat penting untuk tidak mengabaikan tanda-tanda ini dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Kanker pun memberi peringatan awal pada kita. Begitu muncul, ada beberapa tanda awal kanker yang penting untuk mencapai deteksi dini. 

Ini merupakan kunci untuk memastikan penyakit tidak berkembang lebih jauh dan didiagnosis pada waktunya.

 

Dilangsir dari steptohealth.com, Jumat (16/03/2018), hampir 90% orang cenderung mengabaikan gejala ini, jadi perlu diingat, yang terpenting dari penyakit kanker itu adalah diagnosis dini. 

Berikut beberapa tanda-tanda gejala awal kanker yang harus Anda perhatikn. Dalam kasus ini, pencegahan lebih baik daripada mengobati.

1. Neoplasma muncul pada kulit

Munculnya neoplasma pada kulit bisa menjadi salah satu tanda pertama kanker kulit sekaligus kanker payudara. Namun, itu bukan satu-satunya tanda. Hal ini juga terkait dengan munculnya benjolan, baik di payudara dan daerah ketiak.

Dalam hal ini Anda juga cenderung mengalami iritasi atau melihat bintik yang tidak terkait dengan reaksi alergi terhadap makanan atau kosmetik.

Jika Anda melihat luka yang muncul di tengah neoplasma atau jika tahi lalat Anda tumbuh dan berubah ukuran, temui dokter Anda sesegera mungkin.

2. Batuk berkepanjangan

Jika Anda tiba-tiba mulai mengalami serangan batuk yang berkepanjangan tanpa sebab yang jelas, Anda mungkin perlu menyalakan lonceng alarm Anda.

Batuk yang berkepanjangan merupakan salah satu gejala penyakit kanker yang disertai dengan penurunan nafsu makan dan penurunan berat badan yang cepat.

Dan pada stadium lanjut kanker paru-paru, batuk berdarah dan sesak napas sering terjadi.

3. Gatal

Jika Anda mengalami sensasi gatal, Anda perlu mengingat bahwa pada sebagian besar kasus, ini tidak ada kaitannya dengan kanker.

Namun terkadang, hal itu bisa dikaitkan. Dari perspektif klinis, ada penelitian yang memberi bukti untuk ini.

Perlu diingat bahwa neoplasma di rahim menyebabkan gatal di area alat kelamin. Di sisi lain, kanker otak bisa disertai gatal-gatal di daerah lubang hidung juga. Perhatikan apakah ini terjadi pada Anda.

4. Perhatikan usus Anda

Salah satu tanda pertama kanker usus besar adalah melihat fungsi usus.

Anda perlu melihat apakah ada darah di kotoran, lendir atau nanah di kotoran, atau Anda menderita inkontinensia usus.

5. Warna urin anda

Aspek lain yang harus diperhatikan dan diingat adalah warna urin Anda. Karena ini bisa menjadi gejala kanker ginjal.

Dalam hal ini mungkin juga disertai gejala lain seperti,darah dalam urin, tekanan darah tinggi, dan sakit ginjal.

6. Kehilangan berat badan

Penurunan berat badan yang cepat adalah gejala lain yang harus Anda ingat. Ini khusus untuk kanker perut.

Namun,pada tahap pertama gejala kanker hampir tidak terlihat, namun nanti akan disertai, toleransi yang tak dapat dijelaskan terhadap daging, cepat kenyang, anemia dan obstruksi makanan.

7. Sakit tenggorokan berkepanjangan

Sakit tenggorokan yang berkepanjangan bisa menjadi gejala lain dari kanker tenggorokan dan paling sering disertai dengan gejala susah bernapas dan nyeri saat menelan.

Pertumbuhan di neoplasma, sehingga terasa kehadiran benda asing di tenggorokan. Suara terdengar serak dan sedikit demi sedikit hilang. Benjolan darah dengan nanah dan berbau nanah muncul di mulut.


Jadi, jika Anda pernah melihat gejala tanda-tanda awal kanker, jangan ragu-ragu menemui dokter Anda sesegera mungkin.