Bupati Tegaskan Kembali Soal Kebijakan Pemerintah Daerah 

Bupati Tegaskan Kembali Soal Kebijakan Pemerintah Daerah 
Bupati Selayar, Muh. Basli Ali di hadapan para anggota Paskibraka saat memberikan materi ekstrakurikuler di Baruga Rumah Jabatan Bupati.

KabarMakassar.com -- Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali menegaskan kembali soal implementasi kebijakan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dalam perspektif pelayanan publik. Penegasan ini disampaikan oleh Muh. Basli Ali di hadapan para anggota Paskibraka saat memberikan materi ekstrakurikuler di Baruga Rumah Jabatan Bupati, Rabu kemarin (31/7). 

Basli mengatakan kebijakan yang diambil menyangkut kepentingan umum dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Karakteristik wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar yang berbentuk kepulauan memiliki tantangan hambatan tersendiri bagi pemerintah untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Sebagai pemimpin, pemerintah harus bisa menjamin segala kebutuhan masyarakat," kata Basli Ali. 

Bentuk pelayanan publik kata Basli Ali baik dalam bentuk barang maupun jasa publik, pada prinsipnya menjadi tanggung jawab yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat, daerah, dan lingkungan BUMN dan BUMD, dalam upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Sementara kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar dalam pelayanan publik, meliputi pelaksanaan kebijakan strategis dan program gratis Kabupaten Kepulauan Selayar. 

"Dengan segala keterbatasan, harus ada potensi daerah yang kita munculkan agar pemerintah pusat mau melirik Kabupaten Kepulauan Selayar. Saat ini ada lebih 500 Kabupaten/Kota di Indonesia yang berebut perhatian pemerintah pusat," jelasnya. 

Terkait dengan hal tersebut lanjut Basli Ali, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar mengupayakan daerah ini menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwasata sesuai dengan potensi daerah. Menurutnya apabila KEK Pariwasata mampu terwujud maka perhatian pemerintah pusat secara menyeluruh akan terpusat ke Kabupaten Kepulauan Selayar, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

"Apabila KEK pariwisata terwujud, maka perhatian pemerintah pusat akan terpusat secara menyeluruh di segala bidang, baik itu listriknya, BBM, dan kebutuhan lainnya," terangnya. 

Bupati juga menyinggung soal program gratis Pemkab Kabupaten Kepulauan Selayar, seperti Bantuan seragam sekolah, gratis pengurusan KK, KTP, dan akta kelahiran, gratis raskim, rumah, bantuan UMKM, perikanan, pertukangan, dan bantuan lainnya. 

"Ketika ada beban masyarakat, kita ingin pemerintah hadir di dalamnya untuk membantu meringankan beban mereka," tutup Basli Ali.

Penulis : Redaksi

Editor : Prisatno