10 Polres di Sulsel Dilibatkan Dalam Pengamanan Final PSM vs PERSIJA

10 Polres di Sulsel Dilibatkan Dalam Pengamanan Final PSM vs PERSIJA
Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes. Pol. Dicky Sondani, akan melakukan pengamanan secara penuh jelang pertandingan final leg 2 Piala Indonesia antara PSM vs PERSIJA.

KabarMakassar.com -- Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes. Pol. Dicky Sondani, menyampaikan pihaknya akan melakukan pengamanan secara penuh jelang pertandingan final leg 2 Piala Indonesia antara PSM Makassar melawan PERSIJA Jakarta yang akan berlangsung, Selasa, 6 Agustus 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar setelah sebelumnya, Minggu, 28 Juli di batalkan oleh pihak PSSI dengan alasan ketidakamanan.

"Kita akan melakukan pengaman secara penuh kalau kemarin 4.000 personil yang kita libatkan. Mungkin 6 agustus kita libatkan 5.000 personil," kata Dicky pada awak media usai pertemuan Polda Sulsel dengan Panpel PSM Makassar, di Polrestabes Makassar, Rabu (31/7).

Dicky berharap tidak ada lagi keraguan dalam hal keamanan selama proses pertandingan berlangsung. 

Ia menjamin Makassar aman selama pertrandingan berlangsung, dimana disebutkan seluruh Polres akan dilibatkan. 

"Sistim pengamanan yang kita lakukan ada 3 ring. Ring 1 di dalam stadion, sekitar tempat penonton. Ring 2 sekitar stadion, mengantisipasi jangan sampai terjadi pelemparan dari luar. Sementara untuk ring 3 itu ada di jalan utama, pada saat mereka akan kembali setelah selesai pertandingan," ungkap Dicky. 

Sementara untuk pemain PERSIJA sendiri Dicky menyebut akan melakukan pengawalan sejak mereka menginjakkan kaki di Kota Makassar. 

Baik pada saat mereka latihan maupun pada saat-saat tertentu. Ia menyebut tidak mau lagi ada dugaan yang tidak benar sesuai dengan kenyataan yang ada. 

"Itu tanggung jawab kami. Kami akan berikan pengamanan ke mana pun mereka pergi, kalau kemarin mereka hanya minta dikawal pada saat pertandingan saja," pungkasnya.

Dicky berharap agar masyarakat tidak lagi melakukan tindakan-tindakan yang sifanya merugikan pihak lain seperti yang terjadi kemarin pada saat PERSIJA usai melakukan latihan. 

"Melempar bis, sehingga PSSI bersikap seolah-olah Makassar tidak aman, padahal anda lihat sendiri, kemarin kita aman sekali," harap Dicky. 

Sementara Ketua Panpel PSM Makassar, Ali Gauli Arif meminta agar pihaknya dibantu untuk mengamankan penjual tiket sekitat stadion jelang pertandingan dilaksanakan. 

"Pada kesempatan ini juga mungkin di H -1 bisa dibantu dari Panpel, bila mana ada yang menjual tiket disekitar stadion mungkin sementara bisa diamankan karena mungkin sementara hari ini tiket sudah tidak ada. Tiket suda ada ditanggan penonton yang akan menonton di laga final tanggal 6 Agustus," kata Ali. 

Ali juga mengatakan akan meningkatkan supervisi langsung pada Kapolda Sulsel agar di pertandingan nanti bisa berjalan aman dan tertip demi menjaga harga diri orang Sulsel dalam melangsungkan pertandingan. 

Adapun 10 Polser yang akan dilibatkan antra lain :

1. Polres Pelabuha Makassar,
2. Polrestabes Makassar, 
3. Polres Jeneponto, 
4. Polres Takalat, 
5. Polres Gowa, 
6. Polres Maros
7. Polres Pangkep, 
8. Polres Barru, 
9. Polres Parepare,
10. Polres Pinrang.

Penulis : Isak Pasa'buan

Editor : Prisatno