F8 Resmi Tak Diselengarakan Dengan Alasan Optimalisasi Anggaran

F8 Resmi Tak Diselengarakan Dengan Alasan Optimalisasi Anggaran
Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Kamelia Thamrin Tantu, saat ditanyai soal kelanjutan F8 ini, Selasa (16/7). (Foto : Isak Pasa'buan)

KabarMakssar.com -- Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Kamelia Thamrin Tantu, menyampaikan jika penyelenggaraan F8 atau Makassar Eight Festival and Forum tahun ini pelakasanaanya ditunda.

F8 ini yang sudah masuk kalender nasional di Kementrian Pariwisata tahun ini tidak diselengarakan dengan alasan pemerintah Kota Makassar tengah mengoptimalkan anggaran tahun 2019.

"Sebagai info, dalam rangka mengoptimalkan anggaran tahun 2019, Pemerintah Kota Makassar sedang melakukan rasionalisasi terhadap belanja daerah dengan cara melakukan pengalihan dan pergeseran anggaran kegiatan yang belum dilaksanakan oleh SKPD lain, ke hal-hal yang lebih prioritas," kata Kamelia saat ditanyai soal kelanjutan F8 ini, Selasa (16/7).

Menurut Kamelia, Keputusan penundaan pelaksanaan F8 telah disepakati oleh Pj Wali Kota Makassar M Iqbal S Shuaeb.

Sementara program yang lebih prioritas, ia mengaku belum tahu, pasalnya yang menentukan program prioritas ialah tim anggaran pemerintah daerah (TAPD).

"Sesuai dengan petunjuk Pj Wali Kota. Saya tidak tahu, karena ini petunjuk dari bapak bahwa dana tersebut dipakai untuk kegiatan yang lebih proiritas," ujarnya.

Kamelia mengatakan selain F8, ada beberapa kegiatan dari Dinas Pariwisata yang juga mengalami pengalihan anggaran. Namun, ia enggan menyebut program yang dimaksud dengan alasan belum hafal.

“Bukan cuma F8 yang mengalami pergeseran anggaran, hampir semua SKPD juga seperti itu” tutupnya.

Penulis : Isak Pasa'buan

Editor : Nor Syakila