Perusda
Bank SUlsel Bar

4 Alasan Pentingnya Magang

on 14/3/18 Oleh Marwah Ismail
4 Alasan Pentingnya Magang
(Sumber Foto: Int)

KabarMakassar.com-- Mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan tidaklah mudah jika tidak dibekali dengan keterampilan atau skill khusus di bidang keilmuan yang telah dipelajari. 

Berdasarkan situs resmi yang tercatat di Badan Pusat Statistik (BPS) melalui website resmi pada Februari 2016 lalu, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7 juta orang, dimana 944.666 orang di antaranya berasal dari lulusan perguruan tinggi. Sementara 5,11 persen ada di Provinsi Sulsel. 

Jumlah tersebut membuktikan, Indonesia masih membutuhkan lapangan pekerjaan yang mumpuni bagi penduduknya. 

Dengan melakukan magang adalah salah satu cara agar Anda dapat melatih dan mengembangkan keterampilan sesuai minat yang diinginkan selain bidang keilmuaan yang telah didapatkan. Dan hal tersebut telah diupayakan di semua perguruan tinggi sebagai syarat kelulusan. 

Beberapa manfaat lainnya dari magang (internship) telah diulas KabarMakassar.com. 

1. Test drive karir 
Ada kemungkinan magang untuk memacu keterampilan Anda. Caranya adalah dengan meluangkan waktu untuk menemukan yang tepat, sehingga Anda akan lebih memahami cara yang lebih baik dari karir yang Anda inginkan. Bila perlu, sesuaikan tempat magang berdasarkan bidang keilmuan atau minat Anda.

2. Melanjutkan pekerjaan 
Umumnya, ada tempat di kampus yang akan membantu dengan menempatkan resume bersama-sama. Meskipun tidak ada satu cara untuk membuat resume. Tergantung pada bidang yang Anda minati. Jika dalam tempat magang, Anda dianggap berkompeten, rajin, ataupun sesuai dengan keinginan tempat kerja, Anda akan ditawarkan untuk dapat melanjutkan pekerjaan dari waktu tenggang magang. 

Bila perlu, Anda akan dijadikan pegawai tetap dan mendapatkan upah yang sesuai dengan keterampilan Anda. 

3. Jaringan 
Bila tidak langsung mendapatkan pekerjaan, setidaknya Anda mendapatkan koneksi atau jaringan dari tempat Anda magang terdahulu. Ini akan sangat membantu Anda di kemudian hari jikalau ada yang membutuhkan bantuan Anda, atau ditawarkan pekerjaan. 

Ini juga untuk melatih keterampilan Anda dalam berkomunikasi dengan orang lain. 

4. Pengalaman 
Setelah lulus perguruan tinggi, pengalaman dari tempat magang dapat diterapkan di tempat lain. Jika biasanya, di perguruan tinggi yang didapatkan hanyalah teori. 

Di tempat magang, Anda mendapatkan banyak pengalaman kerja dan akan terbiasa dengan suasana tempat magang yang mungkin dapat dilakukan di luar kampus. Ingat nilai adalah representasi indah intelek, tetapi belum tentu representasi dari etos kerja. 

Belajar apa yang diperlukan saat kuliah dan kemudian mampu menerapkan pengetahuan untuk keterampilan yang dibutuhkan adalah apa yang ingin dilihat di tempat kerja.