Melaju ke Semifinal AFC 2019, PSM Buta Kekuatan Lawan

Melaju ke Semifinal AFC 2019, PSM Buta Kekuatan Lawan
Foto: Ilustrasi (INT)

KabarMakassar.com -- Tim Juku Eja PSM Makassar sukses memastikan diri lolos ke babak semifinal zona ASEAN Piala AFC 2019 setelah mengalahkan Home United pada matchday 5 Grup H di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Selasa (30/4/).

Pada pertandingan melawan wakil Singapura tersebut, PSM melakoni comeback impresif untuk menang dengan skor akhir 3-2.

Kemenangan krusial ini sendiri memastikan PSM menjadi pemuncak klasemen Grup H meski masih menyisakan satu matchday lagi. Saat ini PSM mengoleksi 11 poin dari lima pertandingan.

Sebenarnya dengan tersisa satu pertandingan lagi, poin PSM masih bisa disamakan oleh Kaya FC (Filipina), yang kini mengoleksi delapan poin dari lima laga.

Namun PSM sudah dipastikan unggul head-to-head atas Kaya FC. Oleh sebab itu, apa pun hasil yang terjadi di matchday pamungkas, PSM tetap tak tergoyahkan sebagai juara grup serta lolos ke babak semifinal zona ASEAN Piala AFC 2019.

Pelatih kepala PSM, Darije Kalezic mengaku senang dengan performa timnya di fase grup ini. Namun, pelatih berkebangsaan Swiss itu mengaku masih belum mengetahui kekuatan yang bakal dihadapi oleh PSM di babak semifinal nanti. 

Kalezic mengaku hanya mengetahui gaya bermain satu tim, yaitu Ceres Negros. Klub Filipina itu sendiri berada dalam satu grup dengan wakil Indonesia lainnya, Persija Jakarta di fase grup Piala AFC 2019 ini.

Seperti diketahui, Ceres berhasil dua kali mengalahkan Persija di Grup G, baik kandang maupun tandang.

"Saya pikir kami (PSM) memberikan performa bagus buat sepakbola Indonesia (di Piala AFC 2019), namun saya tidak tahu siapa yang bakal melaju ke semifinal (dari grup lain) dan peta kekuatannya," tutur Kalezic.

"Hanya Ceres Negros yang saya tahu dari Filipina yang sudah pasti lolos. Mereka tim yang cukup bagus. Untuk tim yang akan dihadapi PSM, saya masih benar-benar buta," ia menambahkan. 

Kalezic saat ini memang belum mau memikirkan soal pertandingan semifinal ini. Pasalnya, masih ada satu pertandingan yang harus dijalani oleh Juku Eja --julukan PSM-- di Grup H, yakni laga tandang melawan Lao Toyota (Laos) pada 14 Mei mendatang. 

"Kami coba menyelesaikan pertandingan terakhir dulu di Laos dan mencoba mencetak poin untuk sepakbola Indonesia di Zona ASEAN. Baru setelah itu memikirkan lawan selanjutnya," pungkasnya.

Penulis : Redaksi

Editor : Prisatno