Sempat Tertinggal, PSM Makassar Taklukkan Home United di Pakansari

Sempat Tertinggal, PSM Makassar Taklukkan Home United di Pakansari
M Rahmat Syamsuddin Leo (kanan) menendang bola yang berhasil ditahan pesepak bola klub Home United FC Hoo Wai Loon (tengah) pada pertandingan fase Grup H Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Selasa (30/4). pertandingan tersebut PSM Makassar menang atas klub asal Singapura Home United FC dengan skor 3-2 sehingga PSM Makassar dipastikan lolos ke babak semifinal. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

KabarMakassar.com -- Laga Sebelumnya bermain imbang di pertemuan pertama di fase Grup H Piala AFC 2019, PSM Makassar akhirnya berhasil memetik kemenangan dari Home United. Menjamu wakil Singapura di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Selasa (30/4), PSM menang tipis 3-2.

Dalam laga itu, PSM sempat tertinggal dua gol di awal babak kedua. Namun dua gol yang dicetak Marc Anthony Klok di menit 60 dan 78, serta satu gol penentu dari Guy Junior di menit 86 berhasil mengubur mimpi Home United untuk membawa pulang tiga poin dari laga tandang kali ini.

Dengan tambahan tiga poin, PSM semakin kokoh bertengger di puncak klasemen sementara Grup H dengan 11 poin dari lima laga. Sementara Home United bergeser ke posisi tiga dengan tujuh poin.

Bertandang ke Stadion Pakansari, Home United mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Tekanan berhasil dilakukan ke barisan pertahanan PSM Makassar, namun tak satupun peluang yang membahayakan gawang Rivky Mokodompit tercipta.

Memasuki menit ke-11, PSM mengawali ancamannya dengan memanfaatkan kesalahan yang dilakukan pemain belakang Home United, Qai, tepat di depan kotak penalti. Sayang bola yang disambar Guy Junior melambung tinggi.

Tak sampai satu menit berselang, ancaman kembali ditebar PSM. Arfan melepaskan tembakan keras dari tepi kotak penalti, namun bola masih melenceng tipis dari gawang tim tamu yang dikawal Nazri.

Home United mencoba bereaksi dalam mengatasi tekanan PSM. Akan tetapi hingga pertengahan laga serangan yang dibangun tim tamu berhasil dipatahkan.

Kejutan terjadi di awal babak kedua, tepatnya di menit 51. Mendapat sodoran bola dari Amiruldin Asraf, Hafiz Nor yang berhasil mengecoh bek PSM di kotak terlarang sukses menundukkan Mokodompit dan mengubah papan skor menjadi 0-1.

Hanya berselang empat menit, gawang PSM kembali bergetar. Lolos dari jebakan offside, Hafiz Nor kembali mencatatkan namanya di papan skor.

Tertinggal dua gol, Juku Eja mencoba membalas. Peluang emas didapat di menit 60 setelah bek tim tamu dengan sengaja menghentikan bola yang disepak M Rachmat dengan tangan. Wasit dengan sigap menunjuk titik putih bagi PSM.

Marc Klok yang maju sebagai algojo tidak membuang peluang tersebut dan sukses mengubah skor menjadi 1-2.

Memasuki menit 78, Klok berhasil menyeimbangkan papan skor menjadi 2-2 setelah sepakan kerasnya dari tepi kotak penalti gagal dibendung Nazri.

Papan skor imbang 2-2, PSM semakin semangat melancarkan tekanan. Empat menit jelang berakhirnya waktu normal, kerja keras anak-anak asuh Darije Kalezic pun terbayar.

Menyambut assist Wiljan Jan Pluim, Guy Junior berhasil membalikkan keadaan sekaligus mengunci kemenangan PSM Makassar dengan skor 3-2 dan berhasil mengamankan tiga poin.

Susunan Pemain:
PSM Makassar (4-3-1-2): Rivky Mokodompit, Aaron Evans, Munhar, Beny Wahyudi, Taufik Hidayat, M. Arfan, Marc Klok, Asnawi Mangkualam Bahar, Wiljan Pluim, Zulham Zamrun, Guy Junior.
Cadangan PSM: Hilmansyah, Zulkifli Syukur, Hasyim Kipuw, Rizky Pellu, Bayu Gatra, Saldi, M. Rahmat.

Home United (4-4-2): Nazri, Faritz, Qai, Asraf, Jantan, Izzdin, Syafiq, Hafiz Nor, Loon, Adam, Song.
Cadangan Home United: Hasnol, Khairullah, Cernak, Faris, Yazid, Suhaimi, Salim.
 

Penulis : Redaksi

Editor : Prisatno