Jumat Agung bagi Umat Kristiani

Jumat Agung bagi Umat Kristiani
Foto: Ilustrasi (INT)

KabarMakassar.com -- Jumat Agung sebagai hari Tri Suci merupakan salah satu rangkaian penting menuju Misa Kebangkitan Yesus atau Hari Paskah. Hari Tri Suci ini terdiri dari Kamis Putih, Jumat Agung dan Hari Paskah atau Malam Paskah. 

Hari Jumat Agung ini merupakan peringatan wafatnya Yesus Kristus yang memang meninggal pada Hari Jumat. Kematian Yesus Kristus yang disalib untuk kepentingan umatnya diperingati oleh umat Kristiani setiap tahunnya sebelum Malam Paskah.

Tidak sedikit umat Kristiani yang belum memahami makna dari Jumat Agung ini, bahkan kadang ada yang menganggap Jumat Agung sama dengan Malam Paskah, padahal keduanya merupakan suatu rangkaian yang berbeda.

Oleh karena itu, berikut KabarMakassar.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/4) tentang makna Jumat Agung. 

Pengertian Jumat Agung Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Jumat Agung merupakan peringatan wafatnya Yesus Kristus di kayu salib setelah diadili. Setelah mengalami berbagai penyiksaan dan penderitaan akhirnya Yesus mati di Bukit Golgota di atas kayu salib.

Kematian tersebut dipercayai oleh umat kristiani sebagai bentuk penebusan dosa umat manusia.

Tetapi, peringatan Jumat Agung ini bukanlah momen untuk berduka cita, melainkan momen yang penuh cinta. Diceritakan di Alkitab, setelah Yesus mati dan dikuburkan, pada hari ketiga Ia bangkit dari kematian.

Nah, kebangkitan Yesus inilah nantinya yang disebut dengan Hari Paskah, yang bertepatan dengan hari Minggu. Makna atau arti Paskah adalah Hari Kebangkitan.

Penulis : Redaksi

Editor : Prisatno