Wagub Sulsel Tekankan Utamakan Mutu Pelayanan Kesehatan

Jangan Terfokus Pembangunan Fisik Tanpa Manfaat kepada Masyarakat

Wagub Sulsel Tekankan Utamakan Mutu Pelayanan Kesehatan
Foto: Andi Sudirman dalam pertemuan yang membahas rencana pembangunan Rumah Sakit di Kabupaten Takalar, yang berlangsung di Baruga Lounge Kantor Gubernur, Kamis (18/4).

KabarMakassar.com -- Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menekankan pentingnya pembangunan yang membawa manfaat bagi masyarakat. Misalnya saja pembangunan Rumah sakit yang harus mengutamakan mutu pelayanan kesehatan. Rumah Sakit seyogyanya memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, ketersediaan teknologi, dan mengedepankan  pelayanan/hospitality.

"Walaupun rumah sakit banyak, kebutuhan masyarakat harus dikedepankan, sebab masyarakat tidak semua membutuhkan bangunan fisik rumah sakit yang besar tapi masyarakat membutuhkan mutu pelayanan kesehatan, "ucap wagub Andi Sudirman dalam pertemuan yang membahas rencana pembangunan Rumah Sakit di Kabupaten Takalar, yang berlangsung di Baruga Lounge Kantor Gubernur, Kamis (18/4).

Lebih lanjut Andi Sudirman mengatakan masyarakat cenderung lebih puas dengan kehadiran puskesmas. Untuk itu, kapasitas puskesmas dan rumah sakit harus diperkuat dan dikembangkan, sah satunya dengan memperbaiki alkes, sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat lebih baik di Sulsel.

"Saya selalu menganjurkan, kita upayakan bagaimana pelayanan kesehatan mampu menjemput bola, membenahi puskesmas dan rumah sakit yang sudah ada jauh lebih baik," tegasnya.

Andi Sudirman juga berpesan agar mendalami data dan analisis kebutuhan Puskesmas dan Rumah sakit, mengalokasikan anggaran. Utamanya dengan memaksimalkan fasilitas yang ada.

"Percuma membangun fisik Puskesmas dan Rumah sakit tapi tidak bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya.

Tampak hadir dalam pertemuan tersebut, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Takalar dan Tim Gubernur Percepatan Pembangunan

Penulis : Arien Pranawa AB

Editor : Prisatno