1 Kuadriliun, Disney jadi Perusahaan Hiburan Raksasa

1 Kuadriliun, Disney jadi Perusahaan Hiburan Raksasa
Walt Disney & 21st Century Fox (Int)

KabarMakassar.com-- Disney terkenal dengan rumah produksi yang banyak menghasilkan animasi populer seperti putri-putri disney, The Lion King, Coco, Toy Story, Frozen, Moana dan masih banyak lagi.

Baru - baru ini Disney memberi kabar yang mengejutkan dimana perusahaan di bidang hiburan ini telah mencapai babak akhir kesepakatan akuisisi 21st Century Fox dengan nilai US$ 71 miliar.

Angka ini terbilang fantastis jika dirupiahkan, mencapai Rp 1 kuadriliun. 

Nominal itu sendiri mungkin cukup asing di telinga masyarakat. Lalu, seberapa besar nilai akuisisi ini? 

Rp 1 kuadriliun sendiri memiliki 15 angka nol di belakang angka 1. Artinya, Rp 1 kuadriliun setara dengan Rp 1.000 triliun.

Masih ada sebutan lain untuk nominal di atas kuadriliun, antara lain kuantiliun dengan 18 angka nol, sektiliun dengan 21 angka nol, dan septiliun dengan 24 angka nol.

Seperti yang dikutip dari detik.com pada rabu (20/3), penerimaan negara dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 dipatok Rp 2.165,1 triliun.

Angka itu terdiri dari penerimaan perpajakan ditargetkan sebesar Rp 1.786,4 triliun dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) Rp 378,3 triliun.

Sementara belanja negara ditargetkan sebesar Rp 2.461,1 triliun, di mana di dalamnya memuat belanja pemerintah pusat menjadi Rp 1.634,3 triliun.

Nilai akuisisi Fox sendiri Rp 1.000 triliun atau nyaris separuh uang dibelanjakan pemerintah sebesar Rp 2.461,1 triliun.

Sementara, jika dibandingkan kekayaan orang terkaya di dunia, nilai akuisisi masih di bawahnya. Sebagaimana diketahui, Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya dunia tahun 2019. Dalam daftar itu, pendiri Amazon Jeff Bezos berada di puncak daftar.

Orang berkepala plontos ini mengantongi harta US$ 131 miliar atau setara Rp 1.830 triliun (kurs: Rp 14.000/dolar AS). Kekayaan Jeff Bezos tahun 2019 melonjak US$ 19 miliar di banding tahun sebelumnya yang tercatat US$ 112 miliar atau setara Rp 1.512 triliun kala itu. 

Kembali menengok ke belakang, kabar akuisisi ini sebenarnya bukan berita baru. Di tahun 2017, Disney memang telah mengincar Fox. Saat itu, beredar kabar Disney akan mengakuisisi Fox dengan nilai US$ 52,4 miliar.

Kemudian, angka itu berubah lantaran ada perusahaan lain yang juga berniat untuk mengambil Fox. Diketahui, perusahaan itu ialah Comcast Corp.

Adanya persaingan itu membuat Disney belakangan menaikan penawaran hingga mencapai US$ 71 miliar untuk mendapatkan Fox.

Tawaran baru Disney 35% lebih tinggi dari penawaran sebelumnya dan sekitar US$ 6 miliar lebih besar dari Comcast.

CEO Disney Robert A Iger mengatakan, telah mempertaruhkan segalanya untuk kesepakatan ini. Comcast, kata dia, harus memutuskan apakah akan menandingi penawaran terbaru Disney.

Tapi, Fox akhirnya menjatuhkan pilihannya ke Disney. Disney sendiri baru mengeluarkan pernyataan terkait akuisisi tersebut.

"Ini adalah momen yang luar biasa dan bersejarah bagi kami, yang akan menciptakan nilai jangka panjang yang signifikan bagi perusahaan kami dan pemegang saham kami," kata CEO Disney Bob Iger mengutip Variety.

Aset Fox yang akan berpindah ke tangan Disney meliputi Twentieth Century Fox, Fox Searchlight Pictures, Fox 2000 Pictures, Fox Family, dan Fox Animation.

Selain studio, saluran televisi yang kini juga akan berada di bawah kendali Disney di antaranya Unit kreatif televisi Fox, Twentieth Century Fox Television, FX Productions, dan Fox21.

Lalu, jaringan FX, National Geographic Partners, Fox Networks Group International, dan sejumlah aset Fox di jaringan streaming hulu.

"Menggabungkan kekayaan konten kreatif Disney dan 21st Century Fox terbukti menciptakan perusahaan hiburan global terkemuka. Hal ini membawa arah yang baik untuk memimpin dalam era yang sangat dinamis dan transformatif" imbuh Iger.

Penulis : Redaksi

Editor : Nor Syakila