Tiga Jabatan Kadis Lowong, Istri Bupati Terlama Pelaksana Tugas

Tiga Jabatan Kadis Lowong, Istri Bupati Terlama Pelaksana Tugas
Sekda Pemkab Tana Toraja, Semuel T Bura (Foto: Dok KabarMakassar.com/Andarias).

KabarMakassar.com-- Tiga jabatan kepala dinas di Tana Toraja sudah satu tahun di jabat pelaksana tugas (Plt), namun sampai saat ini belum di lakukan lelang jabatan. Dimana jabatan-jabatan tersebut sangat strategis untuk roda pemerintahan Tana Toraja.

Sekretariat daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, Samuel T. Bura yang di temui di ruangan kerjanya mengaku jika masih ada tiga jabatan yang masih diisi oleh Pelaksana tugas (Plt) salahsatunya jabatan Kepala Dinas Pariwisata, dimana ada Rospita Napa Biringkanae yang menjabat lebih dari setahun di posisi tersebut.

"Ada tiga jabatan masih di isi Pelaksana tugas, paling lama itu ibu Rospita di Dinas Pariwisata," kata Samuel T Bura, Senin (18/3).

Ia mengakui jika jabatan tersebut sudah terlalu lama, dan sudah menyalahi aturan dan kewenangan Bupati yang menjadi pegangan di jabatan tersebut.

"Kalau kita bicara soal aturan memang kami sudah menyalahi aturan itu, tapi mau di apa kami di atur sama atasan. 

Jadi apa yang di sampaikan atasan kami sebagai bawahan harus menurutinya" ungkapnya.

1. Dinas Pariwisata yang dijabat oleh Rospita Napa, eselon IIIa selama 1 tahun lebih.
2. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang di jabat oleh Peter Rante Payung, eselon IIIa selama 1 tahun.
3. Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang di jabat Anti, esolon IIIa juga selama setahun.

Samuel juga menjelaskan bahwa Dinas Pariwisata itu mulai di jabat istri bupati Tana Toraja Rospita Napa, Biringkae mulai pada bulan Desember 2017. Sedangkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mulai di jabat oleh Peter Rante Payung pada bulan Maret 2018. Begitupun dengan kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) mulai di jabat Anti, pada bulan Maret 2018.

Hingga kini Sekda Tana Toraja masih menunggu keputusan untuk dilakukannya lelang jabatan di lingkup Pemkab Tana Toraja sesuai arahan Bupati, Nicodemus Biringkanae.

Penulis : Andarias Padaunan

Editor : Fritz Wongkar