5 Hal yang Wajib Anda Lakukan di Australia Saat Musim Dingin

5 Hal yang Wajib Anda Lakukan di Australia Saat Musim Dingin
(ilt)

KabarMakassar.com -- Banyak yang tidak menyangka, bahwa musim dingin di Australia memiliki perbedaan dengan musim dingin di negara ekuator utara. Berbeda dengan negara lainnya, musim dingin di Australia justru jatuh pada bulan Juni-Agustus. Namun, bukan berarti karena perbedaan ini Australia membuat Anda luput untuk pergi ke Negeri Kanguru tersebut. 

Benua terkecil sekaligus negara tetangga ini justru menjadi sebuah destinasi menarik sebagai pilihan Anda untuk pergi bervakansi.

Mengapa Australia patut diperhitungkan untuk menjadi destinasi Anda berlibur? Pada saat musim dingin tiba, suhu udara di Australia justru tidak begitu dingin, atau dapat dikatakan sebagai suhu udara yang dapat membuat lingkungan menjadi lebih sejuk. Walaupun Anda akan jarang menemui salju, tetapi Anda dapat menemukannya di beberapa wilayah di Australia.

Selain itu, pada saat musim dingin tiba, beberapa destinasi wisata dan pusat kota menjadi lebih sepi ketimbang musim lainnya. Hal tersebut dikarenakan masyarakat Australia lebih memilih untuk ikut serta ke beberapa festival musim dingin yang diselenggarakan oleh beberapa pihak di sana.

Suhu yang tidak terlalu dingin dan sejuk membuat Anda dapat melakukan banyak hal ketika bertandang ke Australia. Pesan tiket Cathay Pacific lalu lakukan Cathay Pacific online check in dan nikmati sensasi Australia di musim dingin dengan melakukan lima aktivitas ini: 

1. Festival Musim Dingin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pusat kota di Australia justru akan kehilangan keramaian karena semua masyarakat Australia telah dicuri atensinya untuk datang ke Festival Musim Dingin. Salah satu festival musim dingin yang telah mencuri banyak perhatian publik Australia adalah VIVID Sydney. 

Festival tersebut merupakan salah satu festival epik karena seluruh permukaan Opera House akan diselimuti oleh lampu-lampu unik serta proyeksi 3D, dan publik juga akan dihibur dengan pertunjukkan musik dan seni lainnya. Selain Opera House, Anda juga akan dihibur oleh lampu-lampu yang menghiasi setiap kapal-kapal yang lewat di kawasan tersebut.

2. Menikmati Aurora

Walaupun aurora utara memiliki kepopuleran yang tinggi dibandingkan aurora selatan, namun bukan berarti keindahan aurora tersebut berbeda dan luput untuk dinikmati. Aurora belahan bumi selatan memiliki keunikan tersendiri, karena tatanan cahaya yang dihasilkan sangat langka untuk terjadi. Jika Anda berencana untuk menyaksikan aurora di belahan bumi selatan, maka Anda wajib untuk bertandang ke pulau kecil di selatan Australia, yakni Tasmania. 

Anda harus meluangkan waktu untuk menunggu keberadaan aurora di sini karena kemunculannya yang sulit diprediksi. Namun hasil dari menunggu Anda tidak akan berakhir sia-sia.

3. Meluncur dengan Papan Ski

Menariknya, tidak semua wilayah di Australia terselimuti butiran salju saat musim dingin tiba, namun bukan berarti Anda tidak dapat menikmati salju tersebut. Saat Anda sudah memiliki tekad untuk menikmati musim dingin di Australia, Anda wajib untuk bermain ski di Perisher. 

Destinasi yang berada di tengah gunung salju Kosciusko National Park Australia tersebut merupakan primadona liburan musim dingin yang paling populer sekaligus resor ski terbesar di belahan bumi bagian selatan. 

Persiher memiliki empat resor dan 47 lift yang dapat membuat Anda dapat menikmati salju Australia secara maksimal dengan berselancar menggunakan papan ski Anda.

4. Mengunjungi Museum

Berlibur bukan berarti Anda tidak ada waktu untuk mengedukasi diri, bukan? Kunjungilah beberapa museum yang wajib untuk Anda sambangi. Anda akan disajikan beberapa museum menarik di Sydney, dan salah satu yang sangat direkomendasikan adalah Museum Powerhouse. 

Museum ini merupakan salah satu museum seni dan sains terapan. Anda akan mendapatkan berbagai pengetahuan tambahan bila sudah melangkah ke museum yang berada di St. Ultimo, New South Wales tersebut. Dengan berbekal AUD 15, Anda dapat menikmati seluruh isi yang ada di museum tersebut. 

Selain seni dan sains terapan, Museum Powerhouse juga memiliki pameran temporer yang bertemakan Hollywood, jadi Anda dapat menikmati beberapa barang-barang yang identik dengan kiblat film dunia tersebut.

5. Menyaksikan Ikan Paus Bermigrasi

Pada saat musim dingin tiba, ikan paus yang berada di belahan bumi selatan akan bermigrasi ke utara. Maka dari itu, Anda tidak boleh melewatkan momen menakjubkan tersebut ketika sedang berada di Australia. 

Dengan menggunakan kapal untuk berlayar di sepanjang garis pantai Australia bagian selatan, Anda harus siap-siap mengeluarkan kamera saku Anda untuk mengabadikan ikan paus yang sesekali akan menyembul ke permukaan laut.
 

Penulis : Arien Pranawa AB

Editor : Fritz Wongkar