Pertikaian TNI VS Polisi di Nias Viral

Pertikaian TNI VS Polisi di Nias Viral
Foto: TNI VS Polisi Nias, rabu (6/3) ( Sumber: pekanbaru.tribunnews.com )

KabarMakassar.com -- Pertikaian antara seorang prajurit TNI dan dua anggota Polisi di Nias, Menjadi perbincangan banyak orang. Video perkelahian tersebut viral, hingga memancing reaksi warganet. Peristiwa perkelahian itu terjadi di Kecamatan Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Sumatera Utara, sekira pukul 13,10 WIB, Selasa (5/3) kemarin. Seorang prajurit TNI adu pukul dengan dua anggota Polisi.

Anggota yang terlibat dari pihak TNI, berinisial Prajurit Dua (Prada) AK, Anggota Bataylon Infanteri (Yonif)123/Rajawali dengan lawannya dari pihak Polisi, berinisial Bripda BW serta Bripda MAS, Anggota Satuan Sabhara Polres Nias. Mereka terlibat perkelahian itu, berada di kawasan Jalan Diponegoro, Kelurahan Ilir, Kecamatan Gunung Sitoli, Kabupaten Nias.

Pihak Polda Sumut dan Kodam I/Bukit Barisan, membenarkan kejadian perkelahian tersebut. Kapendam I/Bukit Barisan, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, saat dikonfirmasi, Rabu (6/3), membenarkan adanya kejadian perkelahian tersebut.“Maklumlah hanya selisih paham biasa saja, lagi pula jiwa mudanya masih berkobar, ”ungkap Kolonel Inf Hansen."

Demikian pula penjelasan, Kabid Humas Polda Sumur, Tatan Dirsan Atmaja, menyebutkan benar terjadi perkelahian dan pertikaian itu berhenti setelah direlai oleh beberapa warga masyarakat setempat. Kabar terakhir diterima, kasus pertikaian itu sudah diselesaikan dengan jalan damai. “Kejadian itu sudah didamaikan oleh kesatuan masing-masing, dan tidak ada lagi keributan. Kapolres dan Dandim di sana, sudah memediasi mereka. Jadi semuanya sudah clear dan tidak ada masalah lagi,” ujar Kombes Pol Tatan." 

Kedua instansi berharap, tidak akan terjadi lagi pertikaian serupa. Semua masalah harus bisa diselesaikan dengan mampu menahan amarah, dan tidak mudah emosional, tetapi dengan kepala dingin. “Sesuai instruksi Panglima dan Kapolri, harus bisa membangun Sinergisitas dan Solidaritas di lapangan. Tidak ada istilah kalah menang dalam pertikaian itu. Hanya karena miskomunikasi saja, ” papar Kolonel Inf Hansen."

Informasi perdamaian itu juga, telah diunggah di akun Facebook Polres Nias, untuk menginformasikan, segala bentuk pertikaian itu sudah terselesaikan dengan mediasi kesatuan masing-masing.

Penulis : Prisanto

Editor : Redaksi