Perusda
Bank SUlsel Bar

Pemkot Makassar Tekan Warga Miskin Hingga 60 Ribu Jiwa

1 week, 4 days ago Oleh Fritz Wongkar
Pemkot Makassar Tekan Warga Miskin Hingga 60 Ribu Jiwa
Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal MI.

KabarMakassar.com -- Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD), Syamsu Rizal MI yang juga Wakil Walikota Makassar mengklaim jika angka kemiskinan di Makassar 4,95 persen. Dimana angka tersebut sudah ditekan sebelum masa akhir periode Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Wakilnya, Syamsu Rizal pada Mei 2019 mendatang.

Jumlah penduduk miskin yang ada 60.159 jiwa, jumlah tersebut terus ditekan Pemkot Makassar. Dimana 10 tahun yang lalu jumlah warga miskin mencapati 1,8 juta jiwa atau hampir 10 persen.

"Koordinasinya memang harus dipermantap, mulai dari sektor pendidikan, kesehatan, sanitasi serta ketahanan pangan dan koperasi. Semua warga miskin dan rentan miskin terintervensi dengan program pemerintah. Memang koordinasi sangat perlu dilakukan, kita buktikan bahwa bisa menekan angka kemiskinan"kata Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal MI, yang juga ketua TKPKD Makassar, Rabu (5/12).

Syamsu Rizal mengatakan, OPD seharusnya menggenjot agar kemiskinan terus ditekan, dimana tugas Dinas Pendidikan melihat anak yang tidak sekolah dicover, Dinas Perumahan memperhatikan rumah yang kumuh sertaDinas Koperasi memperhatikan pemberian KUR nya.

Terpisah dengan Kepala Dinas Sosial Makassar Mukhtar Tahir, ia menjelaskan jika pihaknya bakal terus melakukan pendataan warga miskin di 15 Kecamatan yang ada di Kota Makassar. "Tugas kita terus mendata keluarga penerima manfaat (KPM), dan memang masih ada yang belum menerima"tandasnya.

Mukthar menambahkan  jika untuk penerima KIS 333.000 jiwa dan itu bersumber dari APBN, sementara yang ditanggung APBD sebanyak 169.000 jiwa. Terkhusus RasTra penerima sedikitnya 31.012 jiwa.