Perusda
Bank SUlsel Bar

Langgar Aturan, Bawaslu Makassar Tertibkan 2.058 APK Caleg

1 week, 5 days ago Oleh Bahar
Langgar Aturan, Bawaslu Makassar Tertibkan 2.058 APK Caleg
Bawaslu tertibkan Alat peraga Kampanye Calon Legislatif (Caleg).

KabarMakassar.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar menertibkan Alat Peraga Kampanye dan Bahan Kampanye (APK-BK) milik Caleg. APK yang jumlahnya mencapai mencapai 2.058 APK ditertibkan di 14 kecamatan. 

"Terakhir kami melakukan di Kecamatan Tamalanrea, dimana sangat banyak APK yang melanggar sehingga tidak bisa dilakukan serentak, namun semua sudah rampung,"kata Ketua Bawaslu Makassar, Nursari, Selasa (4/12).

Nursari mengatakan, para calon legislator memang doyan melakukan pemasangan APK di pohon-pohon yang berada di jalan. Kata dia, tak heran jika sebanyak 577 APK melanggar dan terpaku dipepohonan sepanjang jalan kota Makassar.

Terbanyak didapati di tiang listrik, dimana APK-BK tersebut mencapai 1.292 terpampang ditiang listrik. 

"Dijalan terlarang 230 pelanggaran, fasilitas pemerintah sebanyak 62 pelanggaran, terpajang dilembaga pendidikan 6 dan ditempat ibadah sebanyak 8 pelanggaran,"ujarnya. 

Dia mengatakan, 
penertiban tersebut dilakukan Bawaslu bersama dengan Panwascam yang juga berkerjasama dengan Satpol PP kota Makassar serta aparat kepolisian setempat. Dimana hasil sitaan APK-BK tersebut diangkut kekantor Panwascam.

Dimana para caleg diminta untuk mengambil APK_BK miliknya dan diminta kembali untuk dipsang ditempat yang semestinya. 

"Ada yang rusak jadi tidak diambil caleg tersebut," pungkasnya.