Perusda
Bank SUlsel Bar

Sehari Sebelum Jatuh, Heli Milik PT Jhonlin Angkut Gubernur Sulsel

2 weeks, 3 days ago Oleh Bahar
Sehari Sebelum Jatuh, Heli Milik PT Jhonlin Angkut Gubernur Sulsel
Helikopter yang mendarat darurat di Lapangan Ibrahim Tulle, Yonif 726/TML, Kecamatan Bangkala Barat,Jeneponto, Rabu (28/11), biasa ditumpangi oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

KabarMakassar.com - Sebelum mendarat darurat di Lapangan Ibrahim Tulle, Yonif 726/TML, Kecamatan Bangkala Barat,Jeneponto, Rabu (28/11) sore, Helikopter PK-JPB 407 GX ini mengangkut rombongan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menuju Bulukumba, Selasa (27/11). 

Nurdin berangkat dari Rujab Gubernur bersama rombongan dari Jepang untuk meninjau industri pembuatan kapal Pinisi, di Ara dan Tanah Beru. Tiba di Bulukumba sekitar pukul 15.00 Wita. Namun, saat hendak kembali ke Makassar, pilot melaporkan jika ada kerusakan dengan muncul sinyal lampu.
 

Batal mengangkut Gubernur dan rombongan dari Jepang, Heli tersebut mendarat darurat di Lapangan Hitam Pantai Seruni, Bantaeng. Pada saat itu pula Heli bermalam di Bantaeng dan diberi garis polisi serta menjalani perbaikan, melakukan perjalanan ke Makassar, Rabu (28/11). Dalam perjalanan ini, pesawat milik PT Jhonlin Air Transport. 

"Gara-gara kerusakan ini, kami terlambat menghadiri Ultah Kaisar Jepang, Akihito, di Hotel Four points Makassar. Seharusnya tiba pukul 16.00 Wita, namun Helikopter tersebut mengalami kendala sehingga saya dan rombongan tiba pukul 20.50 Wita," kata Prof Nurdin sapaan Gubernur Sulsel. 

Mantan Bupati Bantaeng ini mengatakan, sebelumnya melihat sinyal lampu menyala, namun pilot saat itu Nurhadi (38) melihat itu hal biasa. Sehingga, tetap naik ke pesawat itu menuju Bulukumba. 

Dengan kejadian ini, Gubernur Sulsel bersama terpaksa menggunakan Helikopter berbeda saat perjalanan ke Palopo dan Toraja.  

Mengenai penyebab pasti pendaratan darurat helikopter milik PT Jholin Air Transport belum diketahui yang dikendalikan pilot, Nurhadi (38) bersama Nili Subarli (60) selaku copilot.

"Saat ini kedua pilot dan copilot dirawat di Poliklinik Yonif 726/Tml karena mengalami sok," Kata Dandim 1425 Jeneponto, Letkol Arh Sugiri.

Usai mendarat darurat, bagian sayap kiri belakang helikopter mengalami kerusakan, yakni patah. Skip pendaratan pun demikian, patah.

"Dari kejahuan terlihat sedang mencari pendaratan darurat karena mengalami gangguan pada mesin," sambung Sugiri.

Informasi yang diperoleh KabarMakassar.com, helikopter tersebut diketahui berangkat pada pukul 16.45 Wita dari Bantaeng menuju Makassar dalam rangka kembali setelah mengikuti giat Bupati Bantaeng, Ilham Azikin.