Perusda
Bank SUlsel Bar

Cuaca Ekstrim,  Warga Pulau Berburu Telur Di Pasar 

Sahabuddin

3 weeks, 6 days ago Oleh Bahar
Cuaca Ekstrim,  Warga Pulau Berburu Telur Di Pasar 
Sejumlah Kapal dari pulau Sandar di Dermaga Pangkajenne

KabarMakassar.com - Sehari jelang peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, Puluhan Kapal penumpang dari bergai pulau di Pangkep, terlihat bersandar di Dermaga Pangkajenne, Kecamatan Pangkajenne, Kabupaten Pangkep. 

Banyaknya Kapal yang bersandar tidak lain untuk mengangkut penumpang dan barang hasil belanjaan yang akan diangkut ke masing masing pulau.Para penumpang yang merupakan warga pulau berbondong - bondong menuju daratan Pasar Pangkajenne untuk berburu keperluan Maulid Nabi.

Salah seorang Penumpang Asal Pulau Balang lompo Islamia menuturkan banyaknya warga pulau yang berbondong - bondong berburu bahan pokok keperluan maulid di daratan sudah menjadi tradisi dan kebiasaan setiap tahunnya.

" Hari ini belanja keperluan untuk maulid pak, jadi kami berbondong - bondong untuk kepasar yang ada didaratan untuk berburu keperluan maulid nabi, yang jatuh pada selasa besok. Ini sudah jadi tradisi kebiasaan bagi kami warga pulau setiap tahunnya untuk menyambut Peringatan Kelahiran Nabi Muhammad SAW". Ujarnya.

Lanjut dikatakan Islamia, meskipun beberapa pekan ini cuaca Ekstrim melanda perairan pangkep, namun itu tak menghalangi niat para warga untuk berburu kebutuhan Pokok dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang sudah menjadi kebiasaan setiap tahun.

Sementara itu Koordinator Dermaga Pangkajenne, Dinas Perhubungan Pangkep , M Irsal mengatakan dua hari belakangan ini terjadinya peningkatan arus lalu lintas laut dipangkep, hal tersebut lantaran warga pulau yang hendak merayakan hari maulid berbondong-bondong ke pasar sentral Pangkajene untuk membeli kebutuhan perayaan maulid.

"Hari biasanya jumlah kapal penumpang terdapat hanya 15-20 inti beroperasi, dan saat ini mencapai hingga 40 kapal penumpang yang beroperasi,"ujar M Irsal.

Lanjut disampaikan, untuk mengantisipasi cuaca ekstrim yang mulai melanda sejak sepekan terkahir ini, Dinas Perhubungan telah mengimbau kepada awak kapal penumpang untuk mewaspadai cuaca ekstrim dan memperhatikan keselamatan, dengan memakai jaket pelampung yang telah disediakan atau diberikan oleh Dinas Perhubungan kepada masing-masing kapal penumpang.

Selain itu, Tambah Irsal, Dinas Perhubungan pula menyampaikan kepada para pemilik kapal penumpang agar memperhatikan kapasitas penumpang.