Perusda
Bank SUlsel Bar

Menipu Lewat FB, Honerer Damkar Ditangkap Polisi

Fitriani Lestari

3 weeks, 3 days ago Oleh Bahar
Menipu Lewat FB, Honerer Damkar Ditangkap Polisi
Ilustrasi

KabarMakassar-com - Unit Tipider Sat Reskrim Polres Bulukumba mengamankan Sukriadi alias Metal, salah satu honorer personil Damkar Bulukumba, Minggu (27/10/2018). 

Pelaku ditangkap karena melakukan penipuan online lewat akun sosial media (Sosmed) Facebook milik salah seorang guru SMA Negeri 2 Tanete, Nur Asia. Metal diamankan Polisi di Kantor Pos Damkar Tanete, Kelurahan Tanete, Kecamatan Bulukumpa, Bulukumba.

Awalnya Metal membuat akun Facebook palsu yang meyerupai akun asli dari Hj. Nur Asia dan kemudian melakukan chat dengan beberapa teman korban untuk meminta pulsa dan uang, Hingga salah satu teman korban Nurwahida telah melakukan transfer uang sebanyak Rp. 500.000 (Lima Ratus Ribu Rupiah) ke rekening Bank Sulsebar dengan pemilik rekening atas nama Abd. Jalil.

Tim Unit Tipider Sat Reskrim Polres Bulukumba kemudian melakukan penyelidikan dan mendapati bahwa ada transaksi penarikan tunai dari rekening atas nama Abd. Jalil sebesar Rp. 500.000, rekening tersebut sebelumnya dipinjam oleh Metal untuk memuluskan aksinya dari salah satu temannya yang juga merupakan honorer Damkar Bulukumba di Posko Tanete.

Metal kemudian ditangkap Unit Tipider Sat Reskrim Polres Bulukumba yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Bulukumba, Iptu Deki Marizaldi, saat itu Metal yang telah ditetapkan sebagai tersangka sedang berjaga di kantornya pada Jumat, 26 Oktober 2018.

“Pengakuan pelaku, motifnya sakit hati, korban yang merupakan gurunya sendiri kerpa memberi hukuman saat pelaku masih bersekolah, sehingga pelaku membuat akun Facebook palsu korban untuk selain meminta pulsa dan uang kepada teman-teman korban, pelaku juga mengirimkan gambar dan video yang tidak pantas untuk menimbulkan rasa benci dari teman-temannya kepada korban,” ujar ptu Deki Marizaldi

Pelaku yang telah dijerat dengan UU ITE tersebut kini telah mendekam di Polres Bulukumba untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.