Dinkes Pangkep Tunda Akreditasi 4 Puskemas Terluar

Saharuddin

Dinkes Pangkep Tunda Akreditasi 4 Puskemas Terluar

KabarMakassar.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pangkep mengusulkan akan menunda akreditasi 4 Puskesmas yang terjauh dan terluar di wilayah perbatasan Kalimantan dan NTB. 

Pertimbangannya, kata Kadis Kesehatan (Kadinkes) Indriaty Latif, di Pangkep, yang ditemui, Kamis (22/11), selain masih dalam tahap renovasi, juga faktor alam. Apalagi  4 Puskesmas itu, berada di kecamatan terjauh yang berbatasan dengan perairan NTB dan Kalimantan.  Empat puskemas itu yakni puskemas Sapuka, Kalu-Kalukuang, Sailus dan Pammantauang.

Waktu tempuh ke lokasi empat Puskemas tersebut sekitar 30-48 jam dengan kondisi laut yang normal. Namun perairan di dua kecamatan tersebut sering terjadi ombak besar dan badai sehingga menyulitkan untuk dikunjungi.

Dari 23 Puskesmas yang ada di Pangkep, tersisa 11 puskesmas yang belum terakreditasi selain di pulau juga di kecamatan pegunungan. "Rencananya tahun depan, 11 puskesmas itu sudah terakreditasi. Namun 4 Puskesmas terluar diusulkan tahun 2020," kata Indriaty. 

Tim Akreditasi Puskesmas dari Kementerian Kesehatan, Rabu kemarin diterima di Pemkab Pangkep. Ketua DPRD, Ir.H.Andi Ilham  Zainuddin, yang hadir dalam acara itu, juga sangat mendukung upaya akreditasi tersebut. Karena selain dapat meningkatkan mutu pelayanan juga dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Penulis :

Editor :