Listrik Blackout, Distribusi Air PDAM Kepelanggan Drop

Ardiansah

Listrik Blackout, Distribusi Air PDAM Kepelanggan Drop

KabarMakassar.com--Jaringan PLN Sulbar tiba-tiba Black Out, Perusahaan Daerah Air Minum Kota Makassar (PDAM) tidak bisa menyuplai air kepelanggan.

Hal ini sampaikan Bagian Humas PDAM Makassar Idris Tahir kepada redaksi KabarMakassar.com, Sabtu 17 November 2018.

"PDAM Makassar Produksi dan Suplay air ke Pelangga bergantung pada aliran listrik,"ungkap Idris

Ia mengatakan semenjak pemadaman Listrik dilakukan tanpa pemberitahuan sebagian Instalasi Pengolahan Air PDAM Off atau berhenti total beroperasi karena bergantung pada aliran listrik.

"Hanya tiga instalasi yang produksi dan mengalirkan air, Yaitu IPA Sombaopu, IPA Panaikang memakai Genset dan IPA Ratulangi mengalirkan secara Grafitasi melalui Tower utama,"ungkapnya

Sedang IPA Antang dan Maccini Sombala serta seluruh Boster/intake Stop total karena tidak ada genset khusus untuk supply.

Pemakaian Genset didua instalasi hanya mampu mengalirkan air sekitar 50-70% saja dari kapasitas normal, jadinya hampir diseluruh Kota supply kepelanggan Drop, ini sudah berlangsung 2 hari sejak PLN Black Out.

Humas PDAM Makassar, Idris Tahir mengatakan PDAM tidak terima penyampaian sebelumnya dari PLN terkait pemadaman litrik sehingga PDAM juga tidak ada penyampaian ke pelanggan.

Seandainya, lanjutnya ada penyampaian sebelumnya PDAM bisa  menampung air untuk persiapan selama pemadaman listrik.

Ia mengatakan  ini sangat menggangu pelayanan ke pelanggan dan banyak keluhan yang diterima.

Walaupun saat ini, lanjutnya tegangan Listrik PLN sudah stabil, tapi supply air ke pelanggan tidak otomatis langsung normal dan merata butuh waktu antara 4-24 jam.

Ia menyampaikan bahwa waktu 4-24 jam Itu hanya prediksi, jika tidak ada kendala tehnis dilapangan. Masih banyak ini pengaduan yang masuk khusus untuk daerah Monginsidi, Rappocini, Talasalapang, Tamalate, Hertasning, Manggala, Borong, Dg. Sirua, Tello dan lainnya. Belum lagi kawasan Timur dan Utara Kota pasti akan lebih lama lagi karena jaraknya dari Instalasi sangat jauh.

"Manajemen PDAM Makassar menyampaikan maaf kepada pelanggan atas gangguan ini seraya memohon doa semoga segera normal distribusi airnya, yang jelas dengan catatan tidak ada gangguan dari PLN karena pasti akan drop lagi,"jelasnya

"PDAM Makassar akan terus mengupayakan agar Seluruh pelanggan bisa mendapatkan air secara merata secepat mungkin,"tutupnya

Penulis :

Editor :