Perusda
Bank SUlsel Bar

Lama Mandek, Gubernur Akan Angkat Produk Unggulan Sulsel 

Laporan Rahmi Dinia

4 weeks, 1 day ago Oleh Redaksi
Lama Mandek, Gubernur Akan Angkat Produk Unggulan Sulsel 

KabarMakassar.com -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan meningkatkan kembali kejayaan produk-produk unggulan daerah asal Sulsel

Hal ini seperti disampaikan Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Nurdin Abdullah saat membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Provinsi Sulawesi Selatan di Tahun 2018-2023 di Makassar, Rabu 17 Oktober 2018

NA menegaskan ingin membangkitkan kembali produk-produk unggulan Sulsel seperti jeruk Selayar, udang sitto (windu), dan ulat sutera murbei. Demikian juga dengan peningkatan produksi coklat dan kopi.

"Mari kita kembali membuat gerakan untuk mengembalikan kejayaan coklat Sulawesi-Selatan. Ini gerakan bukan kejar proyek pengembangan coklat," kata Nurdin Abdullah. 

Selain membuat gerakan, Nurdin juga meminta agar infrastruktur dan teknologi produk-produk unggulan ini bisa ditingkatkan lagi.  

"Kita ingin ada gerakan mengembalikan kejayaan coklat kita mulai bagaimana mempersiapkan teknologi dan manusianya. Kopi juga dengan kejayaan Sulsel, apa yang dilakukan adalah peremajaan," ujarnya.

Melalui gerakan, lanjutnya maka sumber daya manusia akan disiapkan termasuk peningkatan kesejahteraan dan keahlian para petani.

Untuk akses jalan, dia mengaku akan diselesaikan termasuk membuat jalan atau membuat jalan kompas seperti dari Larompong (Luwu) tembus Tanru Tedong (Sidrap) memperpendek jarak menjadi 31 kilometer. 

"Kita menyelesaikan akses jalan dan ada beberapa jalan coba kita kompas memperpendek jarak," sebutnya.

Pada forum ini, Pemprov Sulsel diharapkan menerima masukan dari masyarakat terkait penyusunan RPJMD Provinsi Sulawesi Selatan di Tahun 2018-2023. (*)