Perusda
Bank SUlsel Bar

BNN Sulsel Minta Puskesmas Rehab Penyalahgunaan Narkotika

Rahmidinia

on 11/10/18 Oleh Fritz Wongkar
BNN Sulsel Minta Puskesmas Rehab Penyalahgunaan Narkotika
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan, Brigjen Idris Kadir [Foto: Rahmidinia/KabarMakassar.com]

KabarMakassar.com -- Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan, Brigjen Idris Kadir meminta ijin kepada Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah agar setiap puskesmas yang ada diwilayah Sulsel agar memberikan pelayanan bagi pengguna narkotika untuk rehabilitasi. Hal tersebut disampaikan Kepala BNN Sulsel kepada Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah diruang kerjanya, Kamis 11/10.

"Kami sudah sampaikan kepada Gubernur terkait dengan meminta agar tiap puskesmas memberikan ruang pelayana rehab bagi pengguna narkotika. Mengingat saat ini tempat rehab di Baddoka sudah penuh dan tidak memungkinkan untuk menampung para pengguna yang direhab"ujar Brigjen Idris Kadir.

Idris menerangkan jika tahun 2017 di Sulsel terdata dari penelitian UI mencapai 138 ribu pengguna penyalahgunaan narkotika, namun yang berada di tempat Rehab di Baddoka, Biringkanaya dan Klinik di Maccini tak mampu menampung semua itu, "Untuk itu kami minta pak Gubernur agar memberikan pelayanan tiap Puskesmas di Sulsel untuk merehab penyalahguna narkotika tersebut, tempat direhab di Makassar sudah full"ujarnya. 

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah juga mengatakan jika siap membantu apa yang menjadi kebutuhan BNN Sulsel untuk menampung para penyalahguna narkotika yang direhab.

"Gubernur siap, dan menyambut baik soal ini, apa yang kami bahas bersama gubernur segera dilakukan secepatnya"tambahnya.

Idris menambahkan jika pasien yang dari daerah tak perlu ke Makassar, tetapi pelayanan puskesmas didaerahnya juga bisa melayani.

"Tidak perlu lagi ke Makassar, mereka yang diaerah bisa memberikan ruang pelayanan khusus penyalahgunaan narkotika. Karena bagaimana pun juga, departemen kesehatan itu di bawah pemerintah setempat,"tutupnya.

Dalam pertemuan tersebut BNN Sulsel juga meminta menindaklanjuti beberapa program diantaranya sosialisasi kepada masyarakat terhadap bahaya narkoba, termasuk rehabilitasi para pengguna. Tak hanya itu beberapa unit pembangunan pelayanan dan operasional kendaraan sosialisasi juga menjadi topik pembahasan bersam dengan Gubernur Sulsel.