Awal Musim Hujan, Debit & Tekanan air PDAM Fluktuatif

Ardiansah

Awal Musim Hujan, Debit & Tekanan air PDAM Fluktuatif

KabarMakassar.com - Cuaca Mendung dan terkadang hujan walaupun tingkat intensitasnya masih terbilang sangat rendah, membuat air di bendungan Lekopancing, Maros menjadi Sumber air baku utama untuk Instalasi Panaikang sedikit mengalami tambahan debit air. Kendati belum sepenuhnya bisa membuat debit produksi dan distribusi ke pelanggan bisa maksimal.

Kartia Bado, Dirtek PDAM Kota Makassar mengatakan memang ada tambahan air baku dibendungan, yang sebelumnya sudah menurun sampai 315 cm, saat ini bertambah 240 cm dibawah pelimpahan. Kanal aliran sungai kita sudah mulai tersambung dibeberapa seksi. 

"Namun ini hanya sementara kalau hujan tidak ada bisa menurun lagi, yang pada akhirnya tekanan air ke pelanggan menjadi tidak stabil karena produksi air fluktuatif tergantung air baku yang masuk,"Kartia Bado, Sabtu 3 November 2018

Sumber baku alternatif dari Sungai Moncongloe juga bebarapa waktu terakhir kadarnya Normal chloridanya stabil, sehingga bisa kita maksimalkan, yang pastinya belum bisa seperti pada saat musim hujan, tapi sudah mulai ada peningkatan debit produksi dinstalasi, tambahnya.

Sementara itu Humas PDAM Makassar, Idris Tahir mengatakan, memang saat ini masih ada daerah yang belum maksimal akibat kemarau yang cukup panjang ini.

Daerah tersebut bahkan ada yang sampai saat ini belum menerima supply air dari pipa diantaranya, diutara kota sekitar Jl. Sinassara, teuku umar, Cambayya, buloa dan tallo,"ungkap Idris Tahir Kepada redaksi KabarMakassar.com, Sabtu 3 Novemver 2018.

Selain itu di kecamatan makassar tekanan lemah yakni, maccini sawah, maccini Baru, Maccini gusung, Muh. Yamin, Ablam , Kerung-kerung dan sekitarnya. Adapun kawasan Timur kota khusus blok bagian Belakang NTI,  BTP Seperti, G, H, AF, AD, AE, AA, BTN. Kumala Sari, Batara Ugi, Pondok Asri, Untia, baddoka dan lainnya, yang berada di kejauhan dan Ketinggian serta beberapa tempat di Tallo dan Bontoala.

Idris berharap semoga intensitas curah hujan bisa segera banyak, agar kondisi pelanggan yang kena dampak kemarau bisa lagi memperoleh air secara normal karena produksi air diinstalasi akan di maksimalkan, tak lupa menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan.

Penulis :

Editor :