Perusda
Bank SUlsel Bar

Nelayan Selayar Peroleh Bantuan 1.261 Peralatan Perahu

Sumber Kabar Selayar

on 5/10/18 Oleh Redaksi
Nelayan Selayar Peroleh Bantuan 1.261 Peralatan Perahu
Foto: Dharmawan / KabarSelayar.com

KabarMakassar.com -- Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar menyerahkan bantuan berupa mesin katinting dan konverter KIT BBM Ke BBG kepada para nelayan kecil di Kepulauan Selayar, Jumat, 05 Oktober 2018.

Penyerahan dilakukan di Kompleks TPI Benteng Kepulauan Selayar bersama perwakilan dari Kementerian ESDM.

Sebanyak 1261 mesin katinting beserta tabung dan konverter KIT akan diserahkan kepada para nelayan kecil yang tersebar di 11 Kecamatan di Kepulauan Selayar.

Hal ini diungkapkan kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Selayar Makkawaru disela sela acara penyerahan bantuan,

"Penyerahannya dilakukan secara bertahap dan akan dilakukan dibeberapa titik antara lain di Kompleks TPI, Barat Lambongan, Pamatata dan Desa Binanga Sombayya. Untuk kecamatan Kepulauan akan dilakukan di Kayuadi, Jampea dan Bonerate" ungkap Makkawaru.

"Adapun persyaratan penerima bantuan antara lain berprofesi sebagai nelayan di KTP, memiliki kartu Nelayan, Memiliki sampan. Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Selayar menyerahkan data ke Kementerian ESDM kemudian dilakukan verifikasi dan alhamdulillah Selayar sebanyak 1261 nelayan dinyatakan lolos verifikasi dan berhak dapat bantuan ini" Tambahnya.

Sementara itu, Menurut Iren dari perwakilan Kementerian ESDM menargetkan dalam satu bulan ini bisa terbagi ke para Nelayan.

Iren menjelaskan, pembagian paket konverter kit bagi nelayan kecil bertujuan memberikan kemudahan akses energi kepada masyarakat, dan memberikan dampak positif kepada nelayan melalui penghematan pengeluaran biaya bahan bakar.

Selain itu juga untuk membantu ekonomi masyarakat nelayan menuju ekonomi masyarakat mandiri dan ramah lingkungan serta mengurangi konsumsi BBM bersubsidi.

"Dengan konverter kit berbahan bakar elpiji, nelayan bisa menghemat biaya operasional melaut Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu per harinya. Dengan LPG juga memberikan energi bersih, mengurangi konsumsi BBM. Selain itu teknologi ini memberikan pilihan kepada nelayan untuk menggunakan BBM atau BBG" kata Iren.

"Untuk Sulawesi Selatan ada beberapa kabupaten yang menerima bantuan ini antara lain Selayar, Takalar, Jeneponto, Bulukumba, Wajo, Sinjai dan Bone. Selayar merupakan daerah yang paling banyak menerima bantuan ini" Tutup Iren.

Untuk memastikan penerimaan bantuan ini tepat sasaran maka nelayan harus membawa KTP dengan Kartu nelayan asli beserta sampan ke titik titik penyerahan untuk langsung dipasangkan teknologi ini.

Pembagian paket perdana konverter kit BBM ke elpiji terdiri atas beberapa komponen, yaitu mesin penggerak, konverter kit, as panjang, baling-baling, 2 buah tabung elpiji 3 kg, dan aksesoris pendukung lainnya. (*)