Gubernur Diminta Lakukan Pemetaan Mikrozonasi

Ardiansah

Gubernur Diminta Lakukan Pemetaan Mikrozonasi

KabarMakassar.com -Pasca gempa dan tsunami Sulteng, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwonugroho mengigatkan kepada Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah daerahnya rawan gempa, banjir, dan likuifaksi.

Hal ini disampaikan Sutopo kepada redaksi kabarMakassar.com usai menghadiri rapat koordinasi dan workshop kehumasan yang dirangkaikan dengan pelantikan pengurus BPC Perhumasan Makassar-Sulsel, di Hotel Gammara Makassar, Rabu (31/10/2018).

Sutopo Purwonugroho mengatakan, pembangunan Sulsel khusus Kota Makassar begitu massif, bahkan rawa-rawa digunakan sebagai kawasan industri, dan pemukiman, seperti yang terjadi di Sulteng khsususnya daerah petobo.

"Pemerintah Sulsel harus melakukan pemetaan mikrozonasi untuk mengatisipasi terjadinya gempa dan likuifaksi dan itu harus memanggil para ahli,"ungkap Sutopo 

Ia mengatakan, sulsel juga harus membangun Microzoning untuk memperbaiki data zonasi seismik dan untuk menentukan secara tepat tingkat bahaya gempa di daerah yang sedang dibangun.

Sutopo menjelaskan pembangunan bangunan diatas rawa jika diguncang oleh gempa 6 skalahekhtar maka terjadi proses pelumuran yang akan naik menjadi Likuifaksi.

Likuifaksi merupakan fenomena keluarnya lumpur dari tanah akibat guncangan gempa. Lapisan tanah yang awalnya kuat pada akhirnya bercampur dengan air.

Penulis :

Editor :