Produk lokal Pangkep Butuh Inovasi & Kreativitas

Saharuddin

Produk lokal Pangkep Butuh Inovasi & Kreativitas

KabarMakassar.com - Produk lokal Pangkep masih membutuhkan sentuhan inovasi dan kreativitas. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pengrajin dan UKM yang ada di daerah ini. 

Hal itu dikatakan, Asisten Ekonomi Pembangunan, Sunandar, saat membuka seminar hasil kajian tata kelola budidaya dan pemasaran produk unggulan,di kantor bupati, Rabu (31/10/2028).

Seminar hasil ini dilaksanakan Balitbangda bekerjasama dengan Politani Negeri Pangkep. Kepala Balitbangda Pangkep, Risnawaty Sakkirang mengatakan, tujuan seminar itu mendapat rekomendasi tentang kebijakan pengembangan produk unggulan jeruk Bali dan ikan bandeng. 

Ketua Peneliti dan pengabdian masyarakat (P3M) Politani Pangkep, DR.Ir. Dahlia MP,  mengakui jika produk unggulan Pangkep masih membutuhkan inovasi dan kreativitas. Ia menyebutkan bandeng dan jeruk masih membutuhkan sentuhan kemasan dan varian rasa.  

Selama ini pihak Politani telah melakukan pembinaan kepada UKM Pangkep khususnya ikan bandeng tanpa duri. " Namun kemasannya masih kurang sempurna sehingga kurang bersaing dengan produk yang sama dari daerah lainnya". 

Untuk produk jeruk dan ikan bandeng di Pangkep, sekarang ini masih dilakukan secara sederhana. Selain untuk konsumsi seperti lauk, ikan bandeng juga banyak dijadikan hasil olahan seperti ikan tanpa duri, naget bandeng, hingga olahan kerupuk . Namun kemasannya masih perlu diberikan sentuhan inovasi sehingga menarik dilihat konsumen.

Penulis :

Editor :