Perusda
Bank SUlsel Bar

Berebut Naik Pesawat, Warga Serbu Landasan Pacu di Palu

on 1/10/18 Oleh Fritz Wongkar
Berebut Naik Pesawat, Warga Serbu Landasan Pacu di Palu
Pengungsi Antre Ambil Bantuan di Bandara Palu (Foto: Jamal Ramadhan/kumparan)

KabarMakassar.com -- Ribuan warga langsung menyerbu landasan pesawat di Bandar udara (Bandara) mutiara Palu, Sulawesi Tengah. Pasalnya warga khawatir tak mendapat jatah naik ke atas pesawat jenis Hercules yang bakal berangkat dari Palu menuju Bandara Galactika Hasanuddin Makassar, Senin 1/10.

Dikabarkan jika sekira 4000 warga yang meringsek masuk landasan pacu saat pesawat Hercules mendarat di landasan pacu tersebut. Personil TNI AU saat hendak menurunkan bantuan logistik tiba-tiba warga menyerbu masuk dan duduk diatas pesawat untuk bergegeas meninggalkan kota Palu.

"Tidak pak, kami dari kemarin menunggu ini, saya mau pulang kerumah keluarga, capek kami tunggu pak..kedinginan kami disini kasihan..ini anak saya dua kecil-kecil"ujar seorang ibu sambil menggendong anaknya.

Untuk diketahui jika sekira 4000an lebih warga ingin mengungsi ke Makassar dan beberapa daerah lainnya pasca gempa dan tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah pada 28/9 lalu.

Saat ini beberapa warga di Bandara masih memblokade landasan pacu di Bandara Mutiara, meski personil AU menenangkan namun sejumlah warga mengamuk dan ingin segera diterbangkan ke luar Palu. Untuk diketahui pula jika pesawat hercules milik TNI hanya bisa menampung maksimal 130 orang saja, dimana pesawat tersebut hanya digunakan mengangkut barang-barang atau logistik. 

Hingga kini dikabarkan TNI AU memutuskan tidak menerbangkan pesawat dari Makassar ke Palu dan sebaliknya untuk waktu yang tidak ditentukan akibat kekacauan yang terjadi di Bandar udara Mutiara Palu.